Pekerja Migran di Hongkong dan Macau Himpun Zakat Rp.145 Juta Lebih

Hongkong, MINA — Pada tahun ini Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) menyalurkan dana zakat fitri senilai Rp.145 juta lebih yang dibagikan kepda 2.800 penerima manfaat terutama di kampung halaman masing-masing.

Dana tersebut dikumpulkan dari pembayaran zakat fitri warga Indonesia, terutama pekerja migran Indonesia (PMI) di Hong Kong dan Macau, demikian keterangan yang diterima MINA, Jumat (5/6).

“Uang zakat yang disalurkan, alhamdulilah mencapai Rp145.481.400 dan dibagikan kepada 2.800 penerima manfaat yang terdiri dari orang tua lanjut usia, fakir, miskin, dan anak-anak yatim,” kata General Meneger DDHK, Imam Baihaqi.

Penyalurannya ditujukan ke beberapa lokasi yang umumnya merupakan daerah asal PMI Hong Kong dan Macau, tersebar di 27 Kabupaten dan kota di Indonesia.

Diantaranya, Jakarta, Cirebon, Magetan, Malang Selatan, Lembayan Magetan, Ngoro Jombang, Jember, Tulung Agung, Pacitan, Kebasen Banyumas, Kendal, Mojokerto, Blitar, Malang, Purwodadi, Banjarnegara, Pati, Pekalongan, Kediri, Lombok NTB, Riau, Lampung, Madiun, Rembang, Purwokerto, Ponorogo, Haurgeulis dan Sumedang. Sebagian juga disalurkan untuk para penerima manfaat di Hong Kong dan Macau.

“Manfaat zakatnya, terutama dibagi di berbagai Provinsi dan daerah di Indonesia. Pembagiannya dalam bentuk dana dan sembako,” kata Imam.

“Sepanjang bulan Ramadhan, secara total DDHK berhasil menghimpun dana sebesar HK$386,194 dari masyarakat. Dana sebesar sebesar itu mencakup dana titipan zakat fitri, zakat maal, infak, sedekah, donasi kemanusian, wakaf mushola dan donasi sosial lainnya. Terima Kasih, PMI Hong Kong dan Macau!,” ucapnya.

Beberapa lokasi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi salah satu tempat DDHK penyaluran zakat fitri. Salah satunya, dititipkan kepada lembaga Veteran Indonesia, Dusun Tarum, Kecamatan Sambelia.

Moh. Zaenul Hasan Makripun, Ketua Lembaga tersebut, menyampaikan apresiasi kepada DDHK dan ucapan terima kasih kepada PMI Hong Kong dan Macau.

“Alhamdulilah, kegiataan ini sangat bermanfaat untuk membantu orang yang kurang mampu. Semoga DDHK tetap solid dalam menebar kebaikan. Jazakumullah khoiron, PMI Hong Kong dan Macau! Semoga menjadi amal yang baik. Orang-orang di dusun kami sangat berterima kasih atas donasi yang didapatkan. Kami sangat berharap kegiataan ini terus berjalan dan jangan lelah dalam menebar kebaikan,” ucap Zainul. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.