Pelaku Bom Ankara Seorang Wanita Kelompok Kurdistan

Bom Ankara haberler
Bom Ankara, Turki, Ahad (13/3/2016). (haberler)

Ankara, 7 Jumadil Akhir 1437/16 Maret 2016 (MINA) – Kementerian Dalam Negeri Turki telah mengidentifikasi pelaku bom mobil dalam serangan Ankara Ahad (13/3) adalah seorang wanita dari Kelompok Kurdistan PKK bernama Seher Cagla Demir (24).

Kementerian juga mengatakan dalam sebuah pernyataan, Selasa (15/3), Demir bergabung dengan kelompok Partai Kurdistan PKK (Partai Karkerên Kurdistanê) tahun 2013, demikian laporan kantor berita setempat Anadolu Agency.

Demir juga disebut menerima pelatihan dari Unit Perlindungan Rakyat YPG (Yekîneyên Parastina Gel) di Suriah. YPG adalah sayap militan bersenjata Komite Tertinggi Kurdi PYD (Parti Yekîtiya Demokrat). PYD merupakan salah satu partai oposisi Kurdi yang paling penting di Suriah, dan pada Februari 2016, telah membuka kantor perwakilan di Moskow, pertama di negara asing.

“Semoga Allah memberikan tempat peristirahatan terbaik bagi korban, dan kami sampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga korban dan bangsa. Semoga orang-orang yang terluka pun cepat pulih,” kata pernyataan itu.

Serangan bom mobil di kawasan pusat kota Kizilay, Ankara, Ahad (13/3) lalu, telah menewaskan sedikitnya 34 orang dan melukai 125 lainnya.

Kelompok Kurdistan PKK yang disebut sebagai organisasi pelaku bom,  dikenal sebagai sayap kiri militan berbasis di Turki dan Irak Kurdistan, yang sejak 1984 telah mengobarkan perjuangan bersenjata melawan negara Turki, untuk hak-hak budaya dan politik dan penentuan nasib sendiri bagi Kurdi di Turki. Organisasi ini berpaham perpaduan dari sosialisme-revolusioner dan nasionalisme-Kurdi. (T/P4/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)