PEMAKAMAN AL-BAQIE DI MADINAH DIPERLUAS

Perluasan pemakaman Al-Baqie membuat luasnya berlipat ganda menjadi 300.000 meter persegi. (Foto: Arab News)
Perluasan pemakaman Al-Baqie membuat luasnya berlipat ganda menjadi 300.000 meter persegi. (Foto: Arab News)

Madinah, 27 Muharram 1436/20 November 2014 (MINA) – Sebuah proyek perluasan besar terhadap pemakaman bersejarah, Baqie Al-Gharqad di Madinah, siap diluncurkan.

“Perluasan terbesar dalam sejarah pemakaman yang akan berlipat ganda luasnya menjadi 300.000 meter persegi ini, sebagai bagian dari proyek perluasan ke sisi utara, dengan jumlah ruang kuburan meningkat menjadi 42.000,” kata seorang pejabat di Kepresidenan Masjid Nabawi.

Proyek pemakaman dirancang berjalan sejajar dengan proyek King Faisal Road yang akan membutuhkan perampasan properti warga, termasuk peternakan dan bangunan di sisi timurnya, Arab News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency ( MINA).

Sumber mengatakan, gedung kantor Komisi Promosi Kebajikan dan Pencegah Kejahatan di Madinah juga harus dibongkar untuk membuat jalan bagi proyek tersebut.

Pemakaman Baqie, di mana kerabat dan sahabat Nabi Muhammad, serta sejumlah pemimpin Muslim dari penduduk Madinah dimakamkan, saat ini dibagi menjadi 42 blok. Blok terbesar menampung 2.500 kuburan dan terkecil menampung 60 kuburan.

Beberapa kuburan dialokasikan untuk bayi, sementara yang lain disediakan untuk orang tua.

Pemakaman ini memiliki sembilan unit pemandian jenasah, termasuk empat untuk pria dan empat untuk perempuan, sementara satu unit untuk cadangan.

Selain itu, ada delapan ambulans untuk mengangkut jenazah ke pemakaman.

Pekerjaan ekspansi sekitar Masjid Nabawi telah dipertimbangkan untuk kebutuhan masa depan pertumbuhan penduduk di Madinah dan meningkatnya jumlah peziarah yang mengunjungi situs sejarah itu. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0