Pembangunan SDM Jadi Fokus APBN 2019

Jakarta, MINA – Menteri Perindustrian () RI, mengatakan, pembangunan sumber daya manusia () dengan memberikan pendidikan vokasi dan link and match menjadi perhatian pemerintah di tahun 2019.

Hal tersebut dikatakan Menteri Airlangga sebelum memasuki Ruang Rapat Paripurna pada Sidang Bersama DPR/MPR RI di Jakarta, Kamis (16/8).

“Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2019 akan difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia. Salah satunya dengan memberikan pendidikan vokasi serta melakukan link and match dengan kementerian lain,” kata Airlangga.

Link and match itu, tambah Airlangga, targetnya di tahun 2019 kapasitasnya dibesarkan menjadi dua kali lipat. Selain itu, sektor industri juga mendukung persiapan inovasi untuk industri 4.0.

“Sesuai dengan apa yang dicanangkan oleh Presiden dalam Making Indonesia 4.0, pendidikan atau sumber daya manusia menjadi prioritas untuk memacu pembangunan, peningkatan produktivtas dan daya saing,” ujar Airlangga.

Airlangga menambahkan, produktifitas dan daya saing menjadi kunci untuk perekonomian ketahap berikutnya. Adapun industri yang akan dikembangkan adalah industri otomotif, elektronik, kimia, dan biokimia.

“Kita juga mengembangkan industri tekstil, alas kaki dan makanan minuman,” pungkas Airlangga. (L/R09/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.