KNEKS Fokus Tingkatkan Kualitas SDM Ekonomi Syariah Indonesia

Jakarta, MINA – Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menyatakan, upaya peningkatan kualitas SDM ekonomi syariah yang unggul saat ini menjadi fokus dalam program kerja prioritas KNEKS tahun ini.

Menurutnya, sumber daya manusia (SDM) ekonomi syariah adalah salah satu infrastruktur yang paling utama dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dan industri halal dunia.

“Ketersediaan ekosistem pendukung ekonomi syariah yang baik, integratif, dan efisien sangat penting untuk dikembangkan, termasuk pada SDM-nya,” kata Sutan Emir Hidayat dalam temu media KNEKS di Kantor KNEKS, Jakarta, Rabu (13/4).

Dia menjelaskan, salah satu upaya KNEKS yakni implementasi Program Strategis Peta Jalan SDM Unggul dan Talenta Sektor Ekonomi dan Keuangan Syariah 2022 hingga 2024.

“Program ini dilakukan dengan menyelenggarakan pengembangan kapasitas guru pendidikan agama Islam di sekolah menengah dari seluruh Indonesia, dan dosen ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Kalimantan Timur dan Jawa Tengah, yang akan diselenggarakan Mei dan Juni 2022,” pungkas Sutan.

Selain itu, dia juga memaparkan Program Kelembagaan Ekonomi dan Keuangan Syariah Daerah sebagai salah satu infrastruktur penunjang untuk percepatan pengembagan Ekonomi Syariah Daerah dan Nasional.

Menurutnya, Sejauh ini, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah resmi membentuk Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sumbar, melalui Keputusan Gubernur tertanggal 7 April 2022.

Secara bersamaan beberapa Pemerintah Provinsi lainnya sedang dalam Proses Pembentukan KDEKS diantaranya Provinsi Jawa Barat, Provinsi Riau dan Gorontalo.

“Ke depannya, Manajemen Eksekutif (KNEKS) akan melakukan pendampingan terhadap provinsi yang akan membentuk KDEKS, bersinergi dengan stakeholder dari kementerian dan lembaga yaitu Kemendagri, Kemenkumham, Kemenkeu, BAPPENAS/PPN, BI, OJK, MUI dan KADIN, dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD), Rapat Terbatas, serta pertemuan one on one baik virtual maupun offline,” pungkasnya.

Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) merupakan perubahan dari KNKS untuk peningkatan pembangunan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah serta menjadikan Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia.

Pencanangan titik awal untuk memposisikan Indonesia sebagai salah satu pelaku utama dan hub ekonomi syariah dunia dilakukan seiring dengan peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia pada Mei 2019.(L/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.