Pemerintah Afghaninstan dan Taliban Sepakat Pembicaraan Damai di Doha

Doha, ibu kota Qatar.

Kabul, MINA – Pemerintah Afghanistan dan kelompok telah sepakat bahwa akan menjadi tempat pertemuan pertama dalam pembicaraan damai mereka, kata kedua belah pihak pada Ahad (14/6).

Belum ada tanggal yang diumumkan untuk pertemuan itu, tetapi diperkirakan akan terjadi setelah kedua pihak menyelesaikan perbedaan pembebasan oleh pemerintah Afghanistan atas 5.000 tahanan Taliban, yang bisa secepatnya akhir pekan depan.

“Pertemuan intra-Afghanistan pertama akan terjadi di Doha,” kata Juru Bicara Taliban Suhail Shaheen kepada Reuters yang dikutip TRT World.

Ia menambahkan bahwa kelompok itu siap untuk mengadakan pembicaraan intra-Afghanistan dalam waktu sepekan setelah pembebasan 5.000 tahanan.

Pemerintah Afghanistan telah membebaskan 3.000 tahanan Taliban sejauh ini di bawah kesepakatan yang ditandatangani antara Amerika Serikat dan Taliban pada Februari.

Kesepakatan itu menguraikan peta jalan untuk menarik pasukan asing dari Afghanistan dan pembicaraan damai untuk mengakhiri perang 19 tahun.

Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan, pemerintah ingin pembicaraan dimulai sesegera mungkin tetapi memiliki masalah dengan pembebasan beberapa ratus tahanan Taliban.

Ibu kota Qatar adalah tempat untuk menandatangani kesepakatan antara Amerika Serikat dan Taliban. Kelompok Taliban telah memiliki kantor politik di Doha sejak 2013. (T/RI-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.