Pemerintah Cina Akan Kirim Tim Selidiki Kematian Duta Besarnya di Israel

Polisi Israel di rumah Duta Besar Tiongkok untuk Israel De Wei di Herzliya. Wei ditemukan tewas dikediamannya pada Ahad, 17 Mei 2020. (Foto: Avshalom Sassoni / Flash90)

Beijing, MINA – Pemerintah Cina dilaporkan akan mengirim tim ke Israel untuk menyelidiki kematian duta besarnya untuk negara itu, Du Wei.

Wei meninggal di rumahnya di Herzliya pada hari Ahad (17/5), tampaknya karena sebab alamiah, menurut sebuah pernyataan dari Beijing, demikian dikutip dari Times of Israel.

Pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Cina sebelumnya mengatakan, “Vonis awal adalah Duta Besar Du Wei meninggal secara tak terduga karena alasan kesehatan. Detailnya menunggu konfirmasi lebih lanjut.”

Menurut laporan media Israel Haaretz, tim khusus akan melakukan “penyelidikan independen” dan juga akan mengatur pengaturan untuk menerbangkan jenazah Wei kembali ke Tiongkok untuk dimakamkan.

Perwakilan keluarga akan bergabung bersama tim, kata laporan itu. Tim tidak akan diminta untuk memasuki periode karantina 14 hari yang biasanya diperlukan untuk kedatangan di Israel karena pandemi virus corona. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)