Pemerintah Libya di Tripoli Sambut Baik Delegasi Turki

Delegasi Turki disambut baik oleh pemerintah Libya di Tripoli. (Foto: Fatih Aktas/Anadolu Agency)

Tripoli, MINA – Pemerintah Libya di Tripoli menyambut hangat kunjungan delegasi Turki ke negara itu dipimpin Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, demikian Cavusoglu pada konferensi pers di Tripoli, Rabu malam (17/6).

Sebelumnya pada hari itu, Perdana Menteri Libya Fayez Al-Sarraj menyambut Cavusoglu, Menteri Keuangan Berat Albayrak dan Kepala Organisasi Intelijen Nasional Hakan Fidan yang berkunjung ke Libya atas instruksi dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

“Kunjungan kami mendapat sambutan yang luar biasa di Libya. Tujuan dari kunjungan ini jelas: untuk menegaskan kembali bahwa Turki mendukung Libya. Kami juga membahas bagaimana kedua negara dapat meningkatkan hubungan bilateral,” kata Cavusoglu, demikian dikutip dari Anadolu Agency.

“Seperti yang Anda ketahui, kami telah menandatangani nota kesepahaman dengan Libya tentang pembatasan yurisdiksi maritim. Kami telah membahas semua langkah yang akan diambil di Mediterania dalam hal energi. Kami berbicara tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai gencatan senjata permanen dan keputusan politik. Kami juga membahas bagaimana kami akan melanjutkan pekerjaan kami di bawah kerangka kerja PBB. Kami mengevaluasi langkah-langkah yang akan diambil dalam komunitas internasional,” tambahnya.

Mengingatkan bahwa kuburan massal ditemukan di kota Tarhuna di Libya, Cavusoglu mengatakan, Turki mendukung upaya Libya untuk membawa masalah ini ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC). (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)