PEMERINTAH SURIAH SIAP DIALOG DENGAN OPOSISI

Presiden Suriah Bashar Al-Assad (Foto: AP)
Presiden Suriah Bashar Al-Assad (Foto: AP)

Damaskus, 6 Rabi’ul Awwal 1436/28 Desember 2014 (MINA) – siap bertemu dengan pihak  negara itu di , Rusia, dalam upaya mencari penyelesaian dari perang saudara, demikian pejabat pemerintah mengatakan.

“Pemerintah Suriah siap berpartisipasi dalam pertemuan pendahuluan dan konsultasi di Moskow untuk menanggapi aspirasi warga Suriah yang mencoba menemukan solusi krisis,” kata pejabat Kementerian Luar Negeri, Sabtu (27/12), dikutip kantor berita nasional SANA.

“Pemerintah Suriah selalu siap untuk berdialog dengan orang-orang yang percaya pada kesatuan, kedaulatan dan kebebasan memilih,” kata pejabat itu, Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Oposisi Suriah yang didukung Barat telah menegaskan, setiap penyelesaian yang dinegosiasikan meliputi pembentukan badan transisi dengan kekuasaan eksekutif penuh, namun permintaan itu ditolak oleh pemerintah Presiden Bashar Al-Assad.

Hadi Al-Hahra, pemimpin oposisi Turki yang bergabung dalam Koalisi Nasional Suriah, blok oposisi utama, mengatakan belum membuat keputusan tentang perundingan.

“Kita tidak bisa memberikan tanggapan terhadap sesuatu yang masih menggantung di udara,” kata Bahra. “Tidak ada undangan dan apakah mereka mengundang kami? Apakah ada kerangka negosiasi? Siapa yang akan datang? Apa tujuannya?” tambahnya.

Rusia telah berusaha untuk menggelar kembali pembicaraan damai untuk Suriah yang akan mencakup pertemuan antara delegasi dari rezim dan oposisi.

Pemerintah Moskow mengatakan pada Kamis, mereka berencana menjadi tuan rumah bagi delegasi dari oposisi Suriah pada akhir Januari mendatang, mungkin diikuti dengan kunjungan perwakilan rezim yang bisa membawa kedua belah pihak bersama-sama melakukan pembicaraan.

Presiden Bashar Al-Assad mengatakan, dia mendukung upaya oleh sekutu kuncinya.

Diperkirakan 200.000 orang telah tewas, setengah penduduk terpaksa meninggalkan rumah mereka. (T/P001/R11)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

http://aljazeera.com/news/middleeast/2014/12/syria-ready-peace-talks-with-opposition-20141227133218726448.html

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0