Pemimpin Partai Yesh Atid Temui Gantz Bahas Pemerintahan Baru Israel

Pemimpin partai Blue and White Benny Gantz (kanan) dan Yair Lapid saat rapat fraksi di Knesset pada 18 November 2019. (Hadas Parush / Flash90)

Yerusalem, MINA – Pemimpin partai Yesh Atid, Yair Lapid, bertemu dengan pimpinan partai Blue and White pada Ahad malam (28/3), saat dia melanjutkan upayanya untuk mengumpulkan dukungan bagi blok partai-partai yang menentang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu setelah pemilu hari Selasa (23/3).

Saat Lapid terus maju, partai sayap kanan Yamina dan New Hope mengadakan pembicaraan dan Yamina mengecam partai Yesh Atid. Ia mengatakan bahwa pemimpin oposisi tidak mencari “rekonsiliasi.”

Gantz dan Lapid membahas cara untuk membentuk pemerintahan baru selama pertemuan mereka, menurut pernyataan Yesh Atid. Mereka diperkirakan akan mengadakan pembicaraan lebih lanjut dalam beberapa hari mendatang, Times of Israel melaporkan.

Yesh Atid dan Yamina adalah sekutu politik Blue and White, tetapi mengalami perselisihan pahit pada tahun lalu ketika Gantz memutuskan bergabung dengan Netanyahu dalam pemerintahan persatuan, dengan alasan perlunya pemerintahan yang berfungsi selama pandemi tetapi melanggar janji kampanyenya. Lapid kemudian pergi ke pihak oposisi.

Pertemuan hari Ahad adalah yang pertama sejak perpecahan yang sengit.

Setelah pertemuan tersebut, Gantz menyerang Netanyahu dengan membatalkan pertemuan kabinet yang direncanakan pada Senin pagi (29/3). Ia menyalahkan penolakan Perdana Menteri untuk menunjuk Menteri Kehakiman permanen.

Yesh Atid akan menjadi partai terbesar kedua di Knesset dengan 17 kursi dari 120, setelah Likud pimpinan Netanyahu dengan 30 kursi. Gantz dengan Blue and White memenangkan 8 kursi, melebihi ekspektasi.

Baik blok pendukung maupun anti-Netanyahu tidak memiliki jalur yang jelas untuk membentuk koalisi mayoritas setelah pemilu Selasa yang merupakan pemilu nasional keempat dalam dua tahun.

Sementara Naftali Bennett, pemimpin Yamina, dan Gideon Sa’ar dari New Hope mengatakan dalam pernyataan bersama pada Ahad, mereka telah berbicara untuk kedua kalinya sejak pemilihan.

Bennett belum berkomitmen pada blok pro atau anti-Netanyahu, sementara Sa’ar mengesampingkan bergabung dengan Perdana Menteri.

Keduanya mengatakan sebelum pemilihan, mereka tidak akan bergabung dengan pemerintahan yang dipimpin oleh Lapid, tetapi telah berbicara dengan pemimpin Yesh Atid sejak pemilihan.

Yamina mengatakan kepada media bahwa Lapid “tidak tertarik untuk membentuk pemerintah rekonsiliasi, tetapi pemerintah sayap kiri dengan dukungan penuh dari orang Arab.״

Ahad pagi, Lapid mendapat dukungan dari pemimpin partai Yisrael Beytenu Avigdor Liberman dalam upayanya untuk membentuk pemerintahan berikutnya.

Para pemimpin partai akanbertemu dengan Presiden Reuven Rivlin pada 5 April untuk merekomendasikan kandidat pilihan mereka untuk posisi perdana menteri. Rivlin kemudian akan mengumumkan siapa yang akan diberi mandat untuk membentuk pemerintahan berikutnya dan peluang untuk menjadi perdana menteri, berdasarkan siapa yang menurutnya memiliki peluang terbaik untuk melakukannya. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)