Pemkab Sumbawa Gelar Penyegaran LPTQ

(Foto: InfoPublik)

 

Besar, 9 Jumadil Awwal 1438/6 Februari 2017 (MINA) – Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menggelar Penyegaran dan Sosialisasi Ketentuan Pokok Peserta Tingkat Kabupaten Sumbawa tahun 2017, untuk memantapkan pelaksanaan pembinaan dan pengembangan Tilawatil Qur’an di kabupaten itu.

Tujuan digelarnya kegiatan, yang berlangsung di aula lantai 3 kantor Bupati Sumbawa, Senin (6/2), itu untuk menyatukan visi dan misi para pengurus LPTQ Kabupaten Sumbawa, serta untuk membentuk pengurus baru LPTQ Kabupaten Sumbawa masa bhakti 2017 – 2022.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sumbawa Sahabuddin, S.Sos.,M.Si, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut juga diikuti oleh pengurus lama LPTQ Kabupaten Sumbawa, para Camat, para Kepala KUA se Kabupaten Sumbawa, dan tokoh Agama, demikian laporan Infopublik yang dikutip MINA.

Sekda Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, di tengah derasnya dinamika global yang multi perubahan, nilai-nilai kearifan lokal tersebut harus terus dilestarikan.

Sebab “adat bersendikan sara’, sara bersendikan kitabullah” tidak saja menjadi falsafah pegangan hidup masyarakat Sumbawa. Tapi juga, dapat diaplikasikan menjadi penguatan dalam merajut hubungan sosial multikulturisme yang kuat dan kokoh di tengah kemajemukan masyarakat Sumbawa.

Keberadaan LPTQ dapat menjadi sarana yang sangat potensial untuk melakukan syiar Islam, melalui pembinaan mental dan spiritual umat. LPTQ bukan sekedar wadah pengembangan Tilawatil Qur’an, tetapi juga diarahkan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan dakwah.

Untuk merevitalisasi tugas dan fungsi dari LPTQ Kabupaten Sumbawa, maka ia memandang perlu dilakukan penyegaran kembali dalam lembaga ini sehingga mampu membangun konsolidasi organisasi LPTQ, agar ke depan bisa lebih baik lagi.

“Baik itu yang berkaitan dengan kelembagaan, program kerja, maupun kiprah LPTQ di sektor pengembangan baca tulis Al-Qur’an di Kabupaten Sumbawa,” kata Sekda H. Rasyidi.

Selaku pimpinan daerah, ia menyampaikan terima kasih atas berbagai upaya yang telah di lakukan LPTQ Kabupaten Sumbawa selama ini dalam membina umat muslim Kabupaten Sumbawa.

Ia juga berharap di masa mendatang LPTQ Kabupaten Sumbawa, yang merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam peningkatan kualitas peserta MTQ/STQ Tana Sumbawa, dapat terus melakukan langkah-langkah terobosan bagi peningkatan kualitas para Qari’ dan Qari’ah yang menjadi peserta MTQ/STQ di berbagai tingkatan.

“Mengingat daerah kita memiliki cukup banyak qori qori’ah yang mampu bersaing dengan daerah lain, kita berharap LPTQ terus melakukan pembibitan dan pembinaan kepada calon qori qori’ah di setiap kecamatan se-Kabupaten Sumbawa, dan terus melakukan pelatihan rutin kepada para Qori Qori’ah, Hafizd Hafidzah yang potensial”, katanya.

“Hal tersebut penting agar bakat dan kemampuan mereka dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan menuju level yang lebih matang lagi,” ujarnya. (T/R01/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.