Pemprov Lampung Adakan Bimbingan Teknis Jurnalisme Warga Untuk Tangkal Hoax

Pemprov Lampung adakan bimbingan teknis jurnalisme untuk . (foto: Lampungprov)

Bandar

Bandar Lampung, MINA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik), mengadakan bimbingan teknis “jurnalisme untuk warga”  (citizen journalism) guna menangkal beredarnya berita bohong (hoax) dan membekali  warga untuk dapat membuat berita sesuai standar jurnalistik .

Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Achmad Chrisna Putra mengatakan, peredaran berita dan informasi hoax, dapat dilawan dengan membekali sebanyak mungkin warga untuk memahami ciri-ciri berita yang benar, demikian laman resmi Pemprov Lampung dikutip MINA.

“Hoax amat merugikan masyarakat karena membuat bingung, bahkan bisa memicu konflik. Jangan sampai karena berita salah, timbul keributan di masyarakat,” katanya saat membuka acara ‘Bimbingan Teknis Jurnalisme Warga,’ pada Senin malam (27/11), bimbingan  berlangsung Senin dan Selasa (27 dan 28/11), di Hotel Nusantara Syariah, Bandar Lampung. .

Menurutnya, kemudahan menyampaikan informasi dan membuat situs saat ini, belum diimbangi dengan kualitas penulisan dan ketaatan terhadap aturan.Padahal, semua memiliki konsekuensi hukum jika informasi yang disebarkan ternyata hoax.

“Banyak website dibangun hanya untuk mendiskreditkan lawan. Terlebih dalam tahun politik seperti ini,” ujarnya.

Ia berharap bekal ilmu jurnalistik ini, mampu membantu warga mengenali bahkan menangkal peredaran hoax, selain itu, warga dapat membuat berita sesuai standar jurnalistik.

“Jika warga paham jurnalistik, otomatis mereka tahu seperti apa berita hoax dan ini bermanfaat dalam menciptkan suasana aman,” jelasnya.

Acara ini digelar  untuk ratusan warga dengan target menjadikan warga sebagai pelaku jurnalistik (citizen journalism) dalam menyampaikan informasi pembangunan.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua angkatan. Angkatan I diikuti sebanyak 228 peserta dari unsur kecamatan se-Provinsi Lampung. Angkatan II sebanyak 228 peserta dari warga masyarakat yang tergabung dalam unsur komunitas peduli pembangunan dan kelompok sadar wisata.

Adapun pembicara dalam kegiatan ini adalah Amiruddin Sormin (Pemimpin Redaksi Lampungpro.com), Wirahadikusuma (Pemimpin Redaksi Radar Lampung), dan Eroby J. Fahmi dari Rilis.id. (R/R10’P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.