Penasihat Pengawal Revolusi Iran Kedua Tewas oleh Serangan Udara Israel di Damaskus

Ilustrasi: Angkatan Laut Pasukan Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC). (Foto: Tasnim News Agency )

Teheran, MINA – Seorang penasihat militer Korps Pengawal Revolusi Iran () meninggal karena luka-lukanya setelah serangan udara Israel di dekat ibu kota Suriah, Damaskus, Kantor Berita semi-resmi Iran Mehr melaporkan pada Ahad (2/4/2023).

Kantor berita menambahkan bahwa penasihat itu diidentifikasi bernama Meqdad Meqdani.

Serangan udara yang melukai dan kemudian membunuh Pengawal Revolusi dilakukan pada Jumat pagi (31/3/2023), dan merupakan serangan udara putaran kedua dalam waktu kurang dari 24 jam, The New Arab melaporkan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani dengan keras mengutuk serangan yang dilakukan oleh “rezim Zionis yang agresif” terhadap sejumlah situs di Damaskus, Kantor Berita Tasnim melaporkan.

Meqdani menjadi perwira kedua di Pengawal Revolusi Iran yang terbunuh setelah serangan Israel, karena IRGC mengumumkan kematian salah satu anggotanya sebelumnya.

Situs web resmi IRNA menyebut anggota tersebut bernama Milad Heidari, yang merupakan penasihat militer dan petugas penjaga.

Selain itu, Pengawal Revolusi Iran bersumpah bahwa Teheran “tidak diragukan lagi akan menanggapi kejahatan ini,” menurut pernyataan tersebut.

Selama lebih dari satu dekade perang, Israel telah melakukan ratusan serangan terhadap apa yang digambarkannya sebagai target yang terkait dengan Iran di Suriah, serta afiliasi kelompok Hizbullah Lebanon, di mana pengaruh Teheran telah tumbuh sejak mulai mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara yang dimulai pada 2011.

Iran mengatakan para perwiranya bertugas sebagai penasehat di Suriah atas undangan pemerintah Suriah. Lusinan anggota Pengawal Revolusi termasuk perwira senior tewas di Suriah selama perang. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.