Pengunjuk Rasa Irak Masuki Zona Hijau

Baghdad, MINA – Puluhan Demonstran Irak menyeberangi zona aman yang telah diberi garis penghalang oleh aparat keamanan pada Selasa (29/10) di Jembatan Al Jumhuriya yang memisahkan para pengunjuk rasa dari Zona Hijau yang dijaga ketat di Baghdad tengah.

Menurut koresponden Anadolu Agency, para demonstran berhasil melintasi penghalang beton jembatan pertama dan mencapai bagian tengah setelah pasukan keamanan mengevakuasi tempat itu.

Dia menambahkan, pasukan keamanan menghadapi para demonstran dengan menembakkan gas air mata, sementara masih ada penghalang lain di tengah jembatan serta gerbang Zona Hijau ditutup di belakang jembatan.

Jembatan Al Jumhuriya memisahkan Lapangan Tahrir benteng utama para demonstran serta Zona Hijau yang dijaga ketat untuk menampung gedung-gedung pemerintah, parlemen, rumah-rumah pejabat dan misi diplomatik asing.

Telah ada pasukan protes baru di Irak sejak Jumat (25/10). Protes ini telah ditekan oleh pasukan keamanan yang menyebabkan 80 orang tewas dan ribuan lainya luka-luka.

Protes ini merupakan yang ke dua di bulan Oktober, menyusul protes sebelumnya yang terjadi dua pekan lalu, mengakibatkan terbunuhnya 149 demonstran dan delapan anggota keamanan. (T/Ss/Ast/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)