PENTAS PAI Tingkat Nasional akan Digelar 9-14 Oktober

 

Jakarta, MINA – Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menggelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam () IX tahun 2019, mulai 9-14 Oktober mendatang.

Direktur Pendidikan Agama Islam Rahmat Mulyana, Rabu (02/09) siang mengatakan, kegiatan digelar di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan. Diperkirakan, 1.054 siswa mulai dari jenjang SD hingga SMU/SMK disertai dengan 272 pendamping.

“Ini merupakan wahana kompetisi antar peserta didik jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK dalam keterampilan dan seni islami,” jelas Rahmat, demikian rilis Kemenag yang diterima MINA.

Kegiatan dengan tema “Keberagamaan Generasi Milenial Yang Moderat” ini, akan dibuka 10 cabang lomba. Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Pidato, Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Cerdas Cermat, Kaligrafi, Nasyid, Debat PAI, Kreasi Busana, Penulisan Cerita Remaja Islami, dan Lomba Karya Ilmiah Remaja.

Lanjutnya, ia memaparkan, Pentas PAI diharapkan mampu menciptakan tradisi kegiatan keagamaan peserta didik yang relevan dan kontekstual.

Di sini pula, para peserta yang mayoritas adalah pengurus organisasi Rohis (Rohani Islam) di sekolah masing-masing, mendapatkan pengalaman bagaimana seharusnya cara ber-Islam yang moderat.

“Gairah keagamaan remaja harus disalurkan sesuai dengan proporsi dan tahapan usianya dengan aktifitas yang membawa kebaikan (maslahah) bukan aktifitas yang mendatangkan banyak kerusakan (mafsadat),” imbuh Rohmat.

Desain kegiatan ini adalah internalisasi nilai-nilai ajaran Islam sehari-hari dalam bentuk lomba.

“Ide-ide pluralisme akan masuk dalam tema-tema perlombaan seperti dalam lomba pidato, debat, nasyid, dan cerdas cermat,” pungkasnya. ((R/Gun/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.