Perdana, FITK UIN Raden Fatah Wisuda 15 Penghafal Al-Quran


Palembang, MINA – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang pertama kalinya  mewisuda 15 mahasiswanya yang mengkhatamkan hafalan Al-quran 30 juz, Selasa (11/12). 

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Kasinyo Harto mengatakan , ke-15 wisudawan ini merupakan peserta program tahfidz. Berawal dari hafalan lima juz,  mereka digembleng di Laboratorium Keagamaan binaan Nurlela, hingga mengkhatamkan hafalannya. 

“Mereka berasal dari sejumlah jurusan di FITK, antara lain Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Agama Islam(PAI), Kimia, dan Biologi,” ujar Kasinyo Harto di Palembang, Senin (10/12). 

Dikutip dari rilis Kemenag, menurutnya, program tahfidz ini merupakan kerjasama antara FITK UIN Palembang dengan LPTQ Sumatera Selatan yang di pimpin KH. Nawawi Dency.

“Kelimabelas hufadz akan diwisuda oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang dan dihadiri oleh segenap pimpinan perguruan tinggi dan tokoh keagamaan di Sumatera Selatan,” lanjutnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Kerjasama danAlumni Rina Antasari mengatakan, program tahfidz al-Quran ini merupakan bentuk inovasi di bidang pengembangan kemahasiswaan. “Saya sangat senang dan bangga atas apa yang dilakukan oleh FITK dan kami akan kembangkan di fakultas lainnya,” kata Rina.

Ia mengatakan pihaknya akan memberikan sertifikat tahfidz dan uang pembinaan serta beasiswa.

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Dirtjen Pendidikan Islam tengah memberikan beasiswa tahfidzulquran kepada para mahasiswa baik yang studi pada PTKIN maupun PTKIS. (R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)