Perdana Menteri India Telepon Imran Khan untuk Perdamaian Asia Selatan

New Delhi, MINA – berbicara dengan mantan pemain kriket Pakistan , yang Partai Tehreek-e-Insaf (PTI) yang dipimpinannya tampil sebagai partai terbesar dalam pemilihan umum pekan lalu.

Dalam sambungan telepon hari Senin (30/7) itu, Modi menyerukan perdamaian dan pembangunan di kawasan .

“Perdana Menteri berbicara kepada Imran Khan, Ketua Partai Tehreek-e-Insaf Pakistan dan mengucapkan selamat,” kata Kementerian Urusan Luar Negeri India dalam sebuah pernyataan, demikian Greater Kashmir melaporkan.

“Perdana Menteri menyatakan harapan bahwa demokrasi akan berakar lebih dalam di Pakistan,” kata pernyataan itu dan menambahkan, Modi “juga menegaskan kembali visinya tentang perdamaian dan pembangunan di seluruh kawasan.”

Sebelumnya, setelah PTI muncul sebagai partai tunggal terbesar dalam pemilu Pakistan dan Imran Khan akan menjadi Perdana Menteri Pakistan yang baru, Pemerintah New Delhi, menurut laporan media, telah meningkatkan kontak dengan partainya.

Pada hari Sabtu (29/7), New Delhi memberikan reaksi pertamanya terhadap pemilu di Pakistan dengan mengatakan, mereka berharap pemerintah baru akan “bekerja secara konstruktif” untuk mengakhiri militansi di Asia Selatan.

“Kami berharap bahwa pemerintah baru Pakistan akan bekerja secara konstruktif untuk membangun Asia Tenggara yang aman, stabil, aman, dan berkembang bebas dari teror dan kekerasan,” kata Kementerian Urusan Luar Negeri India mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Imran Khan mengatakan bahwa dia akan mengambil sumpah sebagai Perdana Menteri pada 11 Agustus, media melaporkan, Senin.

Meskipun PTI telah muncul sebagai partai tunggal terbesar di Majelis Nasional dalam pemilu 25 Juli, tetapi tetap kekurangan jumlah kursi untuk membentuk pemerintahannya secara mandiri. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.