Perguruan Tinggi Keagamaan Diminta Terapkan Nilai-Nilai yang Moderat

Jakarta, 10 Rajab 1437/ 20 April 2016 (MINA) – Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) diminta menerapkan nilai-nilai yang Moderat untuk meningkatkan akses dan kiprah pengabdian kemasyarakatan. Demikian dikatakan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Prof. Dr. dalam Konferensi Pers di Kantor , Lapangan Banten, Jakarta, Rabu (20/4).

Kamaruddin mengatakan, tidak kurang dari 1500 mahasiswa akan dikumpulkan pada Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) di IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Kendari, pada 16-22 Mei 2016.

“Melalui PW PTK kami ingin menanamkan nilai-nilai moderat dalam kehidupan keagamaan yang penuh toleran. Kita ingin menanamkan nilai-nilai untuk saling menghargai dalam perbedaan, baik perbedaan agama, etnis dan lainnya,” katanya.

Ia menambahkan kegiatan ini juga untuk menanamkan kebersamaan dan membangun sikap gotong-royong, sikap mandiri. Sebab mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan ini tidak saja berasal dari mahasiswa muslim tapi juga ada non muslim.

Sementara itu Rektor IAIN Kendari Nur Alim selaku tuan rumah mengatakan, setidaknya 55 Perguruan Tinggi Islam seluruh Indonesia‎ akan terlibat dalam acara tersebut. Dan setiap kampus akan mengirimkan perwakilanya 18 orang.

Ia juga mengatakan, perkemahan tidak hanya Perguruan Tinggi Islam yang diundang, Perguruan Tinggi non Islam juga rencananya akan diundang sebagai peserta peninjau. “Ini pertama kalinya kita melibatkan mahasiswa non Islam,” tambahnya.

Kegiatan itu, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan akses dan kiprah pengabdian kemasyarakatan perguruan tinggi keagamaan. Selain itu, dari perkemahan akan ditanamkan nilai-nilai kemajemukan yang menjadi kenyataan di Indonesia. (L/anj/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.