Peringati Hari Perempuan, Sejumlah Kaum Perempuan Gelar Aksi di Istana Merdeka

Sejumlah Perempuan Peringati Hari Perempuan Internasional dengan gelar aksi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Jumat 8 Maret 2024 (foto: Pribadi)

Jakarta, MINA – , sejumlah peserta aksi perempuan geruduk Istana menggelar unjuk rasa, di depan Kantor Bawaslu RI, Jalan M.H Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat sejak pagi hari, pada Jumat (8/3).

Aksi dilatarbelakangi dengan kemerosotan demokrasi dan ekonomi menyulut kaum perempuan untuk turun ke jalan.

Mahasiswi hingga kaum ibu-ibu pun memulai long march ke lapangan silang Monas yang berada di seberang Istana Kepresidenan Jakarta, sekitar pukul 08.30 WIB.

Mereka berdandan kasual. Mengenakan kaos hitam, bercelana jins, dan bersepatu kets. Beberapa ada yang mengenakan topi dan kacamata hitam demi menghindari terik matahari.

Tetapi lebih banyak yang tanpa penyekat dan membiarkan kulit mereka disinari mentari pagi. “Aku mau Indonesia tanpa oligarki,” tulis salah satu poster. “Mau lebaran tapi beras mahal,” demikian tulis poster lain.

Sesekali, mereka meneriakkan tulisan yang ada di poster sehingga membuat pengendara kendaraan bermotor yang melintas, menoleh.

Saat long march, massa mengumandangkan yel-yel dengan kompak. Yel-yel itu berisi permintaan agar Presiden Joko Widodo bertanggung jawab dan mengatasi merosotnya demokrasi dan perekonomian Indonesia.

Long march itu sendiri berjalan kondusif. Massa berjalan di sisi kiri jalan serta hanya mencaplok satu ruas. Kendaraan bermotor melaju di ruas tengah dan kanan.

Sejumlah polisi berjaga sembari mengatur lalu lintas supaya tetap mengalir. Hingga pukul 09.43 WIB, massa masih melakukan long march menuju tempat Presiden Joko Widodo beraktivitas sehari-hari.

Aksi unjuk rasa ini diketahui digelar mengambil momentum Hari Perempuan Internasional. Pada 8 Maret diperingati sebagai tonggak sejarah perjuangan perempuan seluruh dunia untuk mencapai kesetaraan, pemenuhan hak-hak, dan pengakuan atas Hak Asasi Manusia. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.