Perkemahan Pramuka Madrasah 2017 Akan Digelar di Babel

Jakarta, 5 Jumadil Akhir 1438/4 Maret 2017 (MINA) – Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah akan kembali menggelar Perkemahan Madrasah Nasional (PPMN).

Gelaran PPMN III ini akan diselenggarakan pada 14 – 20 Mei 2017 di Bumi Perkemahan Kobatin Kabupaten Bangka Tengah, Babel.

Kepastian penyelenggaraan PPMN III di Babel ini disampaikan oleh Direktur KSKK M. Nur Kholis Setiawan saat beraudiensi dengan Kwartir Nasional sebagai tingkatan tertinggi organisasi Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka).

Audiensi yang berlangsung di kantor Kwarnas ini dimaksudkan untuk menyampaikan persiapan, sekaligus menggalang dukungan dan kerjasama kedua belah pihak. Demikian siaran pers yang dikutip Mi’raj Islamic News Agenc y (MINA).

“PPMN III 2017 diharapkan akan menjadi ajang siswa madrasah untuk lebih memahami dan membumikan Dasa Dharma Pramuka, mulai dari ketakwaan, cinta alam dan sesama, patriot, musyawarah, rela menolong, dan lainnya,” jelas Setiawan.

“Dari situ, PPMN diharapkan dapat memperkokoh wawasan kebangsaan dan kebhinekaan, sekaligus kebersamaan siswa madrasah. PPMN juga diharapkan dapat mengasah corak kepemimpinan siswa yang religius, profesional, berintegritas, dan berkarakter,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Kesiswaan, Abdullah Faqih yang juga hadir dalam pertemuan dengan Kwarnas menjelaskan, PPMN III 2017 akan diikuti tidak kurang dari 3.000 peserta, terdiri dari Pramuka Penegak, Official, Pembina Pendamping (Bindamping), serta Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda).

PPMN juga akan diikuti anggota pramuka perwakilan dari Kwarcab se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam proses penyelenggaraannya,Kementerian Agama akan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Selama PPMN akan diselenggarakan beberapa kegiatan, seperti kegiatan keagamaan, peningkatan wawasan dan seni budaya, wisata, bakti masyarakat, dan juga kompetisi,” kata Faqih.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Bangka Belitung, Armi Rosdah menyambut baik dipilihnya Kabupaten Bangka Tengah sebagai tuan rumah. Hal sama ditegaskan juga oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Bangka Belitung, Hardijono yang ikut hadir dalam audiensi dengan Kwarnas.

“Tentu kami senang kita kembali menjadi tuan rumah untuk ivent-ivent kegiatan Pramuka tingkat nasional seperti PPMN, dimana tahun 2016 lalu kita juga sudah mengadakan kemah budaya tingkat nasional,” ujarnya.

PPMN III tahun ini akan menjadi kali pertama yang dilaksanakan oleh Direktorat KSKK sejak adanya pemekaran Direktorat Pendidikan Madrasah.

Kedatangan tim Kemenag dan Kwarda ini diterima oleh Wakil Ketua (Waka) Bidang Pembinaan Anggota Dewasa Kwarnas Susi Yuliati, Waka Bidang Badan Usaha Gerakan Pramuka (BUMGP) Ridjal J Kotta, Perwakilan Dewan Kerja Nasional Ahmad Zaky, dan Waka Bidang Lingkungan Hidup dan Kesakaan Abdul Shobur.

“Prinsipnya kami mendukung kegiatan PPMN, karena kegiatan kemah adalah bagian dari kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari Pramuka. Di sana banyak hal yang positif yang bisa diambil,” ujar Shobur. (T/R05/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.