Perlambatan Pemulihan Ekonomi Palestina Diperkirakan akan Berlanjut pada 2023

Otoritas Moneter Palestina (PMA) dan Biro Pusat Statistik Palestina (PCBS) melaporkan ekonomi Palestina mengalami kecenderungan perlambatan terus berlangsung dan diperkirakan berlanjut di tahun 2023. (Fpto: MEMO)

Ramallah, MINA – Meskipun terdapat pemulihan terbatas dalam ekonomi pada tahun 2022, kecenderungan perlambatan terus berlangsung dan diperkirakan berlanjut di tahun 2023, kata Otoritas Moneter Palestina (PMA) dan Biro Pusat Statistik Palestina (PCBS) dalam keterangan bersama tentang kinerja tahun 2022 beserta prakiraan ekonomi 2023, Rabu (28/12).

Selama 2022, ekonomi Palestina berhasil mencapai pertumbuhan sekitar 3,6%, dibandingkan dengan pertumbuhan sebesar 7,0% selama tahun 2021, terlepas dari banyaknya krisis kompleks yang diderita, dukungan eksternal yang hampir sepenuhnya terhenti, kelanjutan pemotongan dari pendapatan pajak (clearance) sepanjang tahun, dan dampak dari krisis Ukraina-Rusia, didorong oleh perbaikan tingkat permintaan agregat. sedangkan tingkat konsumsi bruto meningkat sebesar 7,0%, dan investasi bruto meningkat sebesar 15,3%, kata PMA dan PCBS, Kantor Berita Wafa melaporkan.

Baca Juga:  Mulai Bergerak ke Rafah, Israel Usir Paksa Warga Palestina

Sebagian besar kegiatan ekonomi mengalami peningkatan nilai tambah selama tahun 2022. Kegiatan industri mencatat tingkat pertumbuhan tertinggi sebesar 6,3%, seiring dengan pertumbuhan kegiatan jasa sebesar 2,9%, diikuti oleh kegiatan konstruksi yang meningkat sebesar 2,3%, sedangkan kegiatan pertanian aktivitas mengalami penurunan 2,6%.

Tahun 2022 juga terjadi pemulihan berkelanjutan di pasar tenaga kerja, karena jumlah karyawan meningkat sebesar 7,6% dibandingkan tahun 2021.

Tingkat kegiatan ekonomi yang relatif membaik berkontribusi terhadap penurunan tingkat pengangguran selama tahun 2022 menjadi 25,7% dibandingkan 27,6% pada tahun 2021.

Dari sisi pergerakan perdagangan luar negeri Palestina, perkiraan awal menunjukkan peningkatan nilai ekspor sebesar 7,3% dibandingkan dengan peningkatan nilai impor sebesar 16,9%, yang menyebabkan kenaikan defisit neraca perdagangan sebesar 21,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Hamas: Penutupan Al Jazeera Langgar Kebebasan Pers

Tekanan inflasi dan kenaikan harga global secara bertahap tercermin pada tingkat harga domestik, terutama karena Palestina mengimpor sebagian besar konsumsi barang dan jasa dari luar negeri, yang menyebabkan kenaikan tingkat harga umum sepanjang tahun 2022, dan tingkat inflasi di Palestina mencapai sekitar 3,8% dibandingkan tahun sebelumnya. Ini adalah tingkat tertinggi dalam hampir 10 tahun.

Otoritas Moneter Palestina dan Biro Pusat Statistik Palestina juga memperkirakan indikator utama ekonomi Palestina untuk tahun 2023, berdasarkan sekelompok faktor dan asumsi yang dimasukkan dalam skenario dasar, di mana dampaknya diperkirakan akan tercermin pada indikator terpenting di berbagai sektor (sektor riil, sektor keuangan, dan sektor eksternal), terutama dengan masih berlanjutnya gelombang inflasi global, pengetatan kondisi moneter dan semakin parahnya permasalahan rantai pasok, khususnya sektor primer dan komoditas pokok, akibat berlanjutnya perang Ukraina-Rusia.

Baca Juga:  Hamas Setujui Proposal Genjatan Senjata Dimediasi Qatar-Mesir

Hasil prakiraan tersebut menunjukkan berlanjutnya perlambatan kinerja ekonomi Palestina selama dua tahun berturut-turut, didorong oleh meningkatnya ketidakpastian akibat situasi keuangan pemerintah, kenaikan tingkat harga domestik yang nyata, dan penurunan harga daya beli pendapatan per kapita.

Berdasarkan asumsi tersebut, prakiraan menunjukkan kemungkinan ekonomi Palestina mencapai tingkat pertumbuhan sekitar 2,5% selama tahun 2023, dibandingkan dengan perkiraan pertumbuhan sekitar 3,6% selama tahun 2022, didorong oleh pertumbuhan konsumsi dan investasi serta pengeluaran ekspor dan peningkatan nilai tambah sebagian besar kegiatan ekonomi.

Kinerja tersebut diperkirakan akan disertai dengan sedikit penurunan tingkat pengangguran, menjadi 25,5% dibandingkan 25,7% pada tahun 2022, dengan tingkat pendapatan per kapita tetap tidak berubah. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.