Pandemi Covid-19, PDB Palestina Turun 12 Persen

Foto: MEMO

Ramallah, MINA – Produk Domestik Bruto () menurun 12 persen pada 2020 dibandingkan dengan 2019 akibat pandemi .

Dalam pernyataan bersama, Otoritas Moneter Palestina dan Biro Statistik Palestina mengatakan, sebagian besar kegiatan ekonomi menyusut tahun ini, yang menyebabkan penurunan pendapatan per kapita yang signifikan.

mengalami penurunan sekitar empat persen pada tahun 2020 dibandingkan 2019.

Penurunan tersebut ditambah dengan dampak pandemi yang membuat pemerintah Palestina mengambil sejumlah langkah darurat, termasuk kebijakan lockdown. Demikian MEMO melaporkan, Senin (21/12).

Pemotongan pendapatan pajak Palestina oleh Israel yang dikumpulkan atas nama Otoritas Palestina (PA) selama sekitar enam bulan juga berdampak negatif pada ekonomi.

Dengan pendapatan itu merupakan 70 persen dari total pendapatan Palestina dan menjadi sumber utama. pendapatan untuk menutupi pengeluaran pemerintah.

Selain itu, dalam pernyataan itu menyebutkan, aktivitas konstruksi mengalami penurunan sebesar 35 persen, diikuti oleh aktivitas industri yang menurun 12 persen, dan pertanian mengalami penurunan sebesar 11 persen.

Volume perdagangan dari dan ke Palestina mencapai 10 miliar dolar AS pada tahun 2020, dengan penurunan sepuluh persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Lebih dari 66.000 karyawan kehilangan pekerjaan mereka tahun ini, yang menyebabkan peningkatan tingkat pengangguran yang mencapai 27,8 persen.

Jumlah total karyawan di pasar tenaga kerja turun dari 951.000 pada 2019 menjadi 884,00 pada 2020. (T/Hju/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.