Pertama Kali Al-Qassam Luncurkan Roket A120 ke Pasukan Israel

Jalur Gaza, MINA – Brigade Izzuddin Al-Qassam sayap militer gerakan perlawanan Hamas di Gaza menyatakan telah melontarkan sebuah roket jenis terbaru bernama A120 ke arah pasukan Israel di Al-Quds, Senin sore (10/5).

“Bahwa serangan roket yang diarahkan ke Al-Quds Ashar kemarin, merupakan roket terbaru bernama A120 yang dinisbatkan kepada Raid Al-Athar. Roket ini memiliki hulu ledak eksplosif berkekuatan destruktif tinggi yang jangkauannya mencapai 120 Kilometer, dan roket ini baru dipergunakan pertama kali,” demikian sebuah pernyataan yang dikutip dari laman resmi milik Al-Qassam.

Pernyataan tersebut dirilis bersamaan dengan sebuah video yang menunjukkan sejumlah pejuang Al-Qassam sedang melakukan persiapan untuk peluncuran roket.

Nama Raid Al-Athar sudah tidak asing lagi di kalangan pejuang Palestina. Al-Athar merupakan satu dari tiga pemimpin Al-Qassam yang syahid di hantam rudal Israel pada 2014 yang lalu.

Serangan Al-Qassam tersebut merupakan respon awal dari aksi brutal Israel terhadap warga Palestina di Syeikh Jarrah dan Masjid Al-Aqsa yang mengakibatkan ratusan warga Palestina terluka dan rusaknya beberapa bagian masjid Suci ke Tiga Umat Islam.

Sementara itu, Juru Bicara Al-Qassam, Abu Ubaidah menyatakan, siap membela para mu’takifin (Orang-orang yang I’Tikaf) dan para penjaga Masjidil Aqsa.

“Sesungguhnya para komandan Al-Qassam terus mengikuti pengepungan yang dilakukan oleh penjajah terhadap para mu’takifin di Masjidil Aqsa, dan kami katakan kepada keluarga kami, Al-Murobitin di Baitul Maqdis: Agar kalian tetap aman dan tenang untuk beribadah di Masjidil Aqsa dan ketahuilah bahwa di belakang kalian para pejuang dengan penuh perhatian dan siap menekan pelatuk senjata kami,” tegasnya.

Sebelumnya, 305 orang terluka ketika polisi Israel pada Senin menyerbu Masjid Al Aqsa di bagian timur Yerusalem dan menyerang warga Palestina yang sedang berjaga untuk mencegah kemungkinan penggerebekan oleh pemukim ekstremis menurut Bulan Sabit Merah Palestina.

Sementara itu, pesawat-pesawat tempur Israel pada Senin malam (10/5) membombardir beberapa lokasi di Jalur Gaza, mengakibatkan 20 warga syahid dan melukai 65 orang lainnya, termasuk di dalamnya 9 anak-anak. (T/R12/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA).

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.