Pertama Kalinya Timnas Basket Putri Indonesia Raih Emas SEA Games 2023

(Istimewa)

Jakarta, MINA – Tim bola basket putri Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan meraih medali emas pertama sepanjang sejarah dari ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara yakni SEA Games.

Berlaga di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja pada Ahad (14/5) pagi, tim besutan Chin-Wen Lin itu menorehkan catatan menawan dengan menyapu bersih enam laga yang ada.

Pada laga terakhir basket putri SEA Games 2023, Indonesia berhasil mengalahkan Singapura 86-39. Dengan demikian Indonesia menjadi juara tanpa pernah kalah.

Dyah Lestari menjadi pencetak angka terbanyak dengan 15 poin. Sementara dua pemain naturalisasi, Kimberley Pierre Louis dan Peyton Alexis Whitted, hanya dimainkan sebentar karena Indonesia sudah unggul jauh.

Baca Juga:  Kemendikbudristek: Perubahan UKT Hanya untuk Mahasiswa Baru

Laga melawan Singapura sebenarnya sudah tidak terlalu menentukan karena timnas basket putri Indonesia sudah dipastikan merebut emas sejak Sabtu (13/5). Itu dipastikan setelah Indonesia menang atas tuan rumah Kamboja dengan skor telak 100-54.

Dengan demikian, Indonesia berhak meraih medali emas dengan memenangkan semua pertandingan dengan kemenangan. Pertama Vietnam yang dihajar 67-62, kemudian Thailand ditekuk 70-69, selanjutnya Malaysia dilumat 85-57, sementara Filipina ditekuk 68-89.

Emas di SEA Games 2023 merupakan pencapaian terbaik tim basket putri Indonesia di ajang dwitahunan tersebut. Sebelumnya prestasi terbaik basket putri Indonesia cuma perak sebanyak tiga kali.

Tim bola basket putri Indonesia menyumbang emas ke-59 bagi Indonesia di SEA Games 2023. Perolehan medali tim Merah Putih berpeluang bertambah dari berbagai cabor lainnya hari ini. (L/R11/P2)

Baca Juga:  MER-C Kirim Tim ke Mentawai Bangun Mushola dan Renovasi Sekolah

Mi’raj News Agency (MINA)