PERUSAHAAN PERANCIS LUNCURKAN TES DAGING BABI UNTUK MAKANAN HALAL

Alat tes halal untuk mendeteksi kandungan daging babi pada makanan halal. (Foto: Arab News)
Alat tes halal untuk mendeteksi kandungan daging babi pada . (Foto: Arab News)

Paris, 13 Muharram 1436/6 November 2014 (MINA) – Sebuah perusahaan Perancis membuka pasar makanan halal yang dilengkapi alat tes yang memungkinkan pengunjung mengetahui dalam beberapa menit apakah hidangan mengandung daging babi atau tidak.

Perusahaan telah menerima pesanan dari jauh seperti Turki, Chili dan Indonesia untuk “Uji Halal” yang dalam waktu 10 menit dapat mengetahui apakah makanan mengandung daging babi, yang dilarang bagi umat Islam dan Yahudi itu.

Diluncurkan dua pekan yang lalu, perusahaan tersebut telah meraup keuntungan hampir 135 ribu US Dolar dalam pesanannya, “kejutan” menurut pendirinya Jean-Francois Julien, Arab News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis (6/11).

Perusahaan mengakui bahwa alat tes berbiaya 6,90 euro sekali pakai itu, bukan merupakan alat tes yang lengkap, di mana juga dibutuhkan informasi tentang bagaimana hewan itu disembelih.

Julien mengatakan, tapi tes itu memungkinkan Anda untuk menghilangkan satu keraguan, misalnya ketika Anda berlibur atau ketika ada produk halal baru yang populer di pasar.

Cara penggunaan alatnya, restoran dengan hati-hati mencampur sedikit air panas dan mencelupkan strip kecil ke dalam campuran. Tes strip akan mendeteksi kandungan protein daging babi dalam waktu kurang 10 menit.

Lima juta Muslim Perancis pernah mengalami skandal makanan pada 2011, di mana “Halal” sosis ditemukan mengandung daging babi. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Sumber : FRENCH START-UP NIBBLES HALAL FOOD MARKET WITH PORK TEST

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0