Piala Sudirman: Hadapi Kanada, Indonesia Menang Tipis 3-2

Vantaa, MINA – Tim Piala Sudirman Indonesia mendapat perlawanan sengit dari Kanada di hari kedua penyisihan grup C. Di luar dugaan, Indonesia dipaksa bekerja keras untuk menaklukkan Kanada.

Indonesia menang dengan skor tipis 3-2 dari Kanada, bertanding di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Senin (27/9) malam.

Partai pertama, kemenangan diraih pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengahadapi BR Sankeerth/Nyl Yakura dengan dua gim langsung, 21-16, 21-10.

Kemudian, partai kedua tunggal puteri Ester Nurumi Tri Wardoyo yang melakoni debut pertandingan internasional pada Sudirman Cup 2021, harus mengakui keunggulan Rachel Chan setelah bertanding rubber game.

Meski sudah lebih dulu unggul satu gim, pada akhirnya Ester kalah dengan skor 24-22, 8-21, 18-21.

“Gim pertama saya sebenarnya bisa main enak. Cuma, pada gim kedua, fokus saya sering hilang. Saya jadi bingung sendiri. Pada gim ketiga, ketika ketinggalan, saya malah bisa main lepas. Sayang banget, saya tidak bisa menjaga konsistensi,” ucap adik kandung pebulu tangkis Chico Aura Dwi Wardoyo itu.

Kekalahan Ester Nurumi Tri Wardoyo lalu menular ke pemain tunggal putra Jonatan Christie yang tampil pada partai ketiga.

Seperti Ester, Jonatan sebetulnya sudah unggul satu gim terlebih dahulu.

Atlet yang akrab disapa Jojo itu bahkan mampu menang telak satu gim lebih dulu, 21-9 atas wakil Kanada, Brian Yang. Namun, kemenangan ini gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Jonatan saat menjalani gim berikutnya.

Peraih medali emas Asian Games 2018 itu malah kalah dari Yang dengan skor 21-9, 20-22, 18-21.

“Terus terang, saya merasa kecewa karena kekalahan ini dan tidak bisa menyumbang poin untuk Indonesia. Saya minta maaf atas kegagalan ini,” ucap Jonatan.

Indonesia akhirnya kembali ke jalur kemenangan setelah pasangan ganda putri terbaik saat ini, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, mengalahkan Rachel Chan/Catherine Choi.

Dalam tempo 37 menit, pasangan juara Olimpiade Tokyo 2020 itu menang straight game dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Indonesia dipastikan memenangi pertandingan atas Kanada dan menjaga peluang lolos sebagai juara grup setelah wakil terakhir yang diturunkan, pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Bertanding melawan BR Sankeerth/Crystal Lai, Rinov/Pitha hanya perlu 30 menit untuk meraih kemenangan 21-14, 21-10 dan menjadi penyelamat Indonesia dari kekalahan.

Secara agregat, Indonesia akhirnya unggul 3-2 atas Kanada. Dengan hasil itu, Anthony Ginting dkk dipastikan lolos ke babak perempat final Piala Sudirman.

Indonesia akan melanjutkan perjuangan pada penyisihan Grup C dengan menghadapi lawan terberat, Denmark pada Rabu (29/9) mulai pukul 14.00 WIB.

Laga mendatang nantinya akan menentukan tim mana yang lolos penyisihan grup sebagai juara grup dan runner-up grup. (L/R11/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)