Pintu Surga Ar-Rayyan Untuk Yang Puasa Ramadhan

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Kantor Berita Islam MINA (Miโ€™raj Islamic News Agency)

Bagi orang yang menjalankan ibadah dengan berbagai rangkaian ibadah terkait lainnya, seperti shalat tarawih, tadarus Al-Quran, bershadaqah, dan lainnya, Allah telah menyediakan jalur khusus ke syurga melalui Pintu Ar-Rayyaan.

Hal ini seperti disebutkan di dalam hadits:

ุฅูู†ูŽู‘ ููู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู ุจูŽุงุจู‹ุง ูŠูู‚ูŽุงู„ู ู„ูŽู‡ู ุงู„ุฑูŽู‘ูŠูŽู‘ุงู†ู ุŒ ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูู†ู’ู‡ู ุงู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ููˆู†ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ุŒ ู„ุงูŽ ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูู†ู’ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ู’ ูŠูู‚ูŽุงู„ู ุฃูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ููˆู†ูŽ ููŽูŠูŽู‚ููˆู…ููˆู†ูŽ ุŒ ู„ุงูŽ ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูู†ู’ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ู’ ุŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ุฏูŽุฎูŽู„ููˆุง ุฃูุบู’ู„ูู‚ูŽ ุŒ ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู’ ู…ูู†ู’ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏูŒ

Artinya: โ€œSesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut โ€œar rayyaanโ€œ. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, โ€œMana orang yang berpuasa.โ€ Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya.โ€ (H.R. Bukhari dan Muslim dari Sahl bin Saโ€™ad).

Ar-Rayyan secara bahasa berarti puas, segar dan tidak haus. Ar-Rayyaan ini adalah salah satu pintu di surga dari delapan pintu, yang ada yang disediakan khusus bagi orang yang berpuasa.

Ibnu Hajar Al-Asqalani di dalam Kitab Fathul Bari menyebutkan, โ€œAr Rayyanย adalah nama salah satu pintu di syurga yang hanya dikhususkan untuk orang yang berpuasa memasukinya. Hingga orang yang berpuasa kelak akan memasuki pintu tersebut dan tidak pernah merasakan haus lagi.โ€

Pada hadits lain disebutkan:

ููู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู ุซูŽู…ูŽุงู†ููŠูŽุฉู ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุŒ ูููŠู‡ูŽุง ุจูŽุงุจูŒ ูŠูุณูŽู…ูŽู‘ู‰ ุงู„ุฑูŽู‘ูŠูŽู‘ุงู†ูŽ ู„ุงูŽ ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ูู‡ู ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ุตูŽู‘ุงุฆูู…ููˆู†ูŽ ย 

Artinya: โ€œSyurga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.โ€ (H.R. Bukhari dari Sahl bin Saโ€™ad radhiyallahu โ€˜anhu).

Itulah pintu khusus bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, bukan sekadar meninggalkan makan, minum dan dari hal-hal yang membatalkannya. Namun ia sanggup meninggalkan apa-apa yang dilarang-Nya, semata-mata karena Allah.

Sebagaimana disebutkan di dalam hadits:

ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ู„ูŽู†ู’ ุชูŽุฏูŽุนูŽ ุดูŽูŠู’ุฆุงู‹ ุงุชูู‘ู‚ูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฌูŽู„ูŽู‘ ูˆูŽุนูŽุฒูŽู‘ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุฃูŽุนู’ุทูŽุงูƒูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑุงู‹ ู…ูู†ู’ู‡ู

Artinya: โ€œJika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah jalla wa โ€˜azza, maka Allah akan mengganti padamu dengan yang lebih baik.โ€ (H.R. Ahmad).

Disebabkan itu pulalah ia masuk ke dalam syurga-Nya, seperti disebutkan di dalam hadits:

ูŠูŽุฏูŽุนู ุดูŽู‡ู’ูˆูŽุชูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽูƒู’ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุดูุฑู’ุจูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฌู’ู„ูู‰

Artinya: โ€œDisebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.โ€ (H.R. Bukhari dan Muslim).

Namun kalau kita masih mengikuti hawa nafsu kita, masih saja berbuat maksiat, bertindak jahiliyyah, tidak suka membaca Al-Quran, tidak peduli dengan shalat malam (tarawih), tidak suka berbuat kebaikan, dan amalan-amalan baik lainnya. Bagaimana mungkin pintu Ar-Rayyaan itu terbuka menerima kita?

Dalam hal ini Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam mengingatkan kita di dalam sabdanya:

ุฑูุจูŽู‘ ุตูŽุงุฆูู…ู ุญูŽุธูู‘ู‡ู ู…ูู†ู’ ุตููŠูŽุงู…ูู‡ู ุงู„ุฌููˆู’ุนู ูˆูŽุงู„ุนูŽุทูŽุดู

Artinya: โ€œBetapa banyak orang yang berpuasa, tapi dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.โ€ (H.R. Ath-Thabrani).

Semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan rangkaian lainnya karena Allah, serta dapat memasuki syurga-Nya melalui pintu Ar-Rayyaan. Aamiin. (P4/P001)

Miโ€™raj Islamic News Agency (MINA)