PKK: Lebih 3.400 Tentara Turki Tewas di Tahun 2016

Erbil, 7 Rabi’ul Akhir 1438/6 Januari 2017 (MINA) – Kepemimpinan kelompok bersenjata Partai Pekerja Kurdistan () baru-baru ini mengungkapkan, setidaknya 3.404 anggota militer dan pasukan keamanan Turki tewas dalam serangan kelompok itu pada tahun 2016, termasuk 38 perwira tinggi.

Menurut pernyataan kelompok terlarang di Turki itu, PKK juga telah menghancurkan 166 kendaraan lapis baja Turki dan delapan tank, serta menembak jatuh tiga helikopter militer dan sebuah jet tempur F-16.

Dalam pernyataan resmi itu juga menegaskan bahwa perjuangan PKK tidak melawan warga Turki, “tapi pihak berwenang yang menekan” mereka.

“Kami telah meningkatkan operasi militer melawan pasukan Turki pada tahun 2016 dalam membela rakyat kami yang tertindas. Pemerintah Erdogan bersikeras untuk menggunakan kekuatan bukan dialog, dan ini adalah respon kami,” kata PKK, demikian ARA News memberitakan pada Rabu (4/1) yang dikutip MINA.

Sementara itu, PKK melaporkan kematian pejuangnya sendiri selama bentrokan dengan pasukan Turki pada tahun 2016 sebanyak 585 orang. (T/RI-1/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.