PM Irak Sudani Temui Presiden Biden di Washington

PM Irak Mohammed Shia’ al-Sudani bertemu Presiden AS Joe Biden di Ruang Oval, Gedung Putih bertujuan untuk kemitraan penuh, beralih dari hubungan militer dengan AS, Senin, 15 April 2024. (Foto: Albawaba via X)

Washington, MINA – Kunjungan perdana Mohammed Shia’ al-Sudani ke Amerika Serikat ditandai dengan pertemuan penting dengan Presiden AS dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada Senin (15/4).

Kedatangan Al-Sudani di Washington pada hari Sabtu (13/4) bertepatan dengan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah, yang dipicu oleh perang Israel di Gaza serta serangan drone dan rudal Iran pada Sabtu malam sebagai balasan atas serangan Israel terhadap konsulat diplomatik Iran di Suriah awal bulan ini.

“Topik utama yang dibahas oleh seluruh delegasi Irak yang saat ini berada di Washington termasuk pengaktifan hubungan AS-Irak melalui Perjanjian Kerangka Strategis, yang sebelumnya ditandatangani oleh kedua negara,” kata juru bicara pemerintah Irak Bassem Al-Awadi kepada The New Arab.

Al-Awadi menambahkan, situasi regional, investasi, sektor swasta dan perusahaan antara kedua negara, industri, pertanian, budaya, pendidikan, iklim dan lingkungan juga menjadi topik bahasan.

Dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Irak tersebut, Biden menekankan komitmen terhadap keamanan Israel dan upaya mencapai gencatan senjata untuk memulangkan sandera Israel yang diculik Hamas di Gaza pada 7 Oktober.

“Iran melancarkan serangan udara yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, dan kami melancarkan upaya militer yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mempertahankannya (Israel),” kata Biden kepada al-Sudani. (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.