PM Palestina Hamdallah Hadiri Acara Penyalaan Lampu Pohon Natal di Bethlehem

(Dok Rawa Press)

Al-Quds, MINA – Setinggi 15 Meter berdiri di halaman Gereja Al-Mahdi sebelah selatan Yerusalem (Al-Quds), menandai dimulainya Perayaan  Natal tahun ini.

PM Palestina Rami Hamdallah bersama ribuan warga Kristen dan Muslim, dari berbagai penjuru wilayah Palestina yang diduduki Israel, mennghadiri malam pencahayaan pohon Natal Sabtu malam (21/2), dalam  suasana meriah

Upacara penerangan pohon tersebut juga dihadiri Walikota Bethlehem Antoine Salman, menteri, tokoh politik dan agama, serta duta besar dan konsulat negara-negara sahabat. Al Quds memberitakan yang dikutip MINA.

Lampu-lampu warna-warni menyala di seluruh  pohon Natal dan kawasan sekitarnya, di tengah peluncuran rentetan kembang api yang membumbung ke angkasa.

Sementara lagu-lagu dan musik rohani pun mengalun oleh para artis Spanyol dan Italia.

“Kami merayakan tahun baru dalam realitas yang sulit dan pahit, namun kami menciptakan area optimisme dan sukacita,” ujar salah satu panitia.

Dalam pidatonya, PM Hamdallah memperingatkan konsekuensi pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

“Bangsa-bangsa di dunia harus menyadari konsekuensi mengerikan yang akan kita saksikan, jika hal itu terjadi di Yerusalem,” katanya.

Ia menekankan, pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel atau pengalihan kedutaan, akan menyeret daerah ini ke dalam ketidakstabilan.

Sementara itu, Walikota Bethlehem Antoine Salman  mengatakan pesan Natal tahun ini, “berharap untuk hidup dalam damai, memperbarui hati nurani di hati kita untuk toleransi dan penerimaan orang lain dalam kehidupan kita.”

“Apa yang kita jalani di kota ini, dunia berkembang dalam konflik, pemaksaan dan terorisme, dan tidak adanya kebebasan beragama,” lanjutnya.

Menurutnya, selama Betlehem tinggal dalam pengepungan oleh tembok pemisah, permukiman Israel dan penghalang jalan, perdamaian akan tetap tidak ada di dunia ini.

Betlehem adalah kota bersejarah yang terletak di sebelah selatan Tepi Barat. Kesuciannya ditandai dengan Gereja Al-Mahdi (Kelahiran Tuhan). Orang- orang Kristen percaya bahwa Kristus dilahirkan di tempat tersebut. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.