PM TURKI JANJI BEBASKAN SANDERA DIPLOMATIK

32 supir truk Turki yang disandera ISIL, tiba di Turki (Gambar: AA)
32 supir truk Turki yang disandera , tiba di Turki (Gambar: AA)

Istanbul, 6 Ramadhan 1435/4 Juli 2014 (MINA) – Ketika dibebaskan dan bersatu kembali dengan keluarganya hari Kamis (3/7), Perdana Menteri Turki berjanji akan membawa pulang 49 staf konsulat yang masih diculik di Irak.

Berbicara di sebuah acara berbuka puasa Ramadhan, Erdogan mengatakan ke-32 supir truk warga Turki yang ditahan oleh kelompok militan  Negara Islam Irak dan Levant (ISIL)  – tiba dengan selamat di Turki setelah 23 hari disandera di Mosul, Irak.

Para supir ditangkap oleh ISIL pada 9 Juni dan bersatu kembali dengan keluarga mereka di GAP Airport, Sanliurfa, setelah negosiasi yang melibatkan Kementerian Luar Negeri Turki.

Vehbi Demir, salah satu supir yang dibebaskan, mengatakan dia sangat senang bertemu keluarganya di GAP Airport, Anadolu Agency yang dikutip MINA. ISIL juga menculik 49 anggota staf konsulat Turki di Mosul, hingga kini masih ditahan.

Erdogan adalah calon presiden dari Partai Keadilan dan Pembangunan yang akan maju kembali dalam Pemilu 10 Agustus nanti.

“Jika menjadi presiden yang dipilih oleh rakyat, saya tidak akan terputus tetapi akan bergandengan tangan dengan rakyat Turki,” kata Erdogan.

Setelah referendum 2007, untuk pertama kalinya rakyat Turki akan memilih presiden mereka secara langsung, sebelumnya dipilih oleh parlemen.

Calon membutuhkan lebih dari 50 persen suara rakyat untuk dipilih dalam putaran pertama. Putaran kedua akan diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus jika tidak ada kandidat mencapai 50 persen. (T/P09/EO2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://aa.com.tr/en/news/353845–turkey-vows-to-bring-home-diplomatic-hostages

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0