Portal Berita Indonesia.Go.Id Tampilkan Beranda Indonesia

Jakarta, MINA- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan kembali www.indonesia.go.id yang bertujuan untuk memaparkan secara utuh tentang Indonesia kepada masyarakat domestik maupun mancanegara, secara akurat dan lengkap.

“Ini adalah beranda Indonesia yang isinya semua tentang Indonesia, jadi yang ingin berinvestasi atau hanya ingin tahu Indonesia bisa lewat sini,” kata Menteri Kominfo Rudiantara saat Peluncuran kembali Portal Berita www.indonesia.go.id di kantornya, Senin (10/12).

Konten yang tersaji di  portal berita tersebut saat ini tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Ke depan, Rudiantara berharap portal ini dapat diakses dalam setidaknya 13 bahasa.

“Presiden mau ada semacam etalase Indonesia sebagai . Maka Indonesia.go.id bisa dianggap sebagai etalase Indonesia,” ujar Juru Bicara Presiden sekaligusPemimpin Redaksi Indonesia.go.id Johan Budi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti lebih teknis menjelaskan, ada tiga konsep rubrikasi dalamportal ini. 

Pertama, kepentingan nasional dalam hal data seperti profil dan sejarah Indonesia. Kedua, layanan seperti pendidikan, kesehatan, keuangan, dan lainnya. Ketiga, program prioritas termasuk cek fakta peristiwa.

Mengenai konten Ia menjelaskan, semua situs Kementerian dan Lembaga bakal terintegrasi dengan Indonesia.go.id. Selanjutnya, situs pemerintah daerah juga akan terhubung. “Nanti ada gambar peta Indonesia, masyarakat bisa klik daerah yang ingin dicari infonya. Nanti akan muncul situsnya,” kata Rosarita Niken yang sebelumnya menjabat Direktur Utama Radio Republik Indonesia (RRI).

Ada beberapa rubrik yang menarik dari portal tersebut seperti, layanan syarat-syarat pembuatan SIM atauKTP dan  layanan cek fakta untuk melakukan verifikasi informasi yang diterima.

Setiap pekan, Kementerian Kominfo juga akan merilis daftar informasi atau berita palsu (hoax) yang beredar di masyarakat. “Indonesia.go.id sudah keluar sejak November 2018. Dalam beberapa minggu, situs ini sudah dibaca 774.696 kali,” katanya. (L/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.