PPIH BERIKAN PENDAMPINGAN UNTUK KELUARGA KORBAN PERISTIWA MINA

Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

Mekkah, 20 Dzulhijjah 14346/4 Oktober 2015 (MINA) –  Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memberikan motivasi kepada keluarga dan kerabat jamaah haji yang jadi korban peristiwa Mina.

PPIH menyelenggarakan program bimbingan rohani dan konseling psikologis yang dimulai sejak Sabtu (3/10) oleh tim bimbingan ibadah haji PPIH Arab Saudi Daker Mekkah.

“Kami memahami suasana batin mereka yang kehilangan keluarganya pada peristiwa Mina. Program ini merupakan wujud empati kami bagi keluarga korban,” kata Arsyad Hidayat. Sebagaimana siaran pers resmi Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Prof Dr Aswadi, salah satu pelaksana program ini, mengatakan, pendampingan keluarga korban dilakukan sebagai bagian dari pemulihan psikis untuk mengikis trauma akibat sebuah tragedi.

“Kemarin, Sabtu (3/10) bimbingan dilakukan di Kloter JKS 61 yang paling banyak kehilangan anggotanya akibat peristiwa Mina. Sedangkan hari ini, Minggu (4/10), tim pembimbing mendatangi keluarga korban di kloter-kloter lainnya,” kata Aswadi.

Materi konseling yang disampaikan berfokus pada penyamaan persepsi positif terhadap kejadian dan semangat menjalani kehidupan ke depan. Pembimbing juga berperan sebagai teman yang siap menampung keluh kesah.

“Secara manusiawi sekecil apa pun yang hilang dari padanya pasti membikin gelisah. Tapi kegelisahan itu tidak mungkin disembuhkan dengan materi dan sejenisnya. Bimbingan rohani dan konseling psikologis ini mudah-mudahan bisa menyembuhkannya,” kata Aswadi yang sehari-hari adalah guru besar pada UIN Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur.  (T/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0