PPZ Malaysia Himbau Orang Kaya di Seluruh Dunia Untuk Berzakat

(Chairman Pusat Pungutan (PPZ) Malaysia Datuk Haji Che Mat Ali. Foto: ipb.edu.my)

Jakarta, 15 Maret 2017/16 Jumadil Akhir 1438 (MINA) – Chairman Pusat Pungutan Zakat (PPZ) Malaysia Datuk Haji Che Mat Ali menghimbau kepada masyarakat Islam di seluruh dunia yang lebih beruntung agar sadar akan tanggung jawabnya yakni menunaikan zakat karen bisa mengurangi kemiskinan di negara-negara Islam di dunia.

“Dalam Al-Quran disampaikan, dari harta yang dimiliki ada yang harus disumbangkan dan dikembalikan kepada orang lain yang haknya. Tetapi karena kita orang kaya, kita lupa tentang nikmat yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wataala, kita tidak melaksanakan tanggungjawab itu,” ujar Datuk Haji Che di Jakarta, Kamis (15/3).

Ia menambahkan, dalam rukun Islam ada kewajiban yang namanya membayar zakat, tetapi, menurutnya kenapa banyak orang yang hanya menunaikan rukun Islam selain dari pada zakat, seperti pergi haji yang mengeluarkan banyak uang banyak orang yang mengejarnya bahkan mengeluarkan banyak uang lagi untuk berangkat kembali.

“Zakat merupakan rukun Islam yang wajib dilaksanakan sebagaimana melaksanakan rukun Islam yang lainnya,” katanya.

Datuk Haji Che juga menjelaskan jika rukun Islam tidak sempurna maka tidak sempurna juga imannya sebagai seorang muslim, dan menunaikan zakat bagi orang-orang kaya adalah sesuatu yang wajib.

“Menunaikan zakat bagi orang-orang kaya sangatlah penting. Negara-negara Islam yang miskin sampai hari ini, jika orang-orang kaya dan mampu tidak mengambil tanggungjawab, maka siapa lagi yang akan mengambil tanggungjawab,” tutupnya. (L/R08/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)