Presiden dan Wakil Presiden Hadiri HUT BJ Habibie Ke 80

Jakarta, 21 Ramadhan 1437/26 Juni 2016 (MINA) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla menghadiri syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) BJ Habibie yang ke 80, di Pendopo Habibie & Ainun, Jl. Patra Kuningan XIII/3 Jakarta Selatan, Sabtu malam (26/6).

Jokowi dan JK dalam pidatonya masing-masing mengucapkan Selamat HUT pada Presiden ke 3 RI itu, dan menyatakan bangsa dan negara tetap memerlukan Habibie  untuk kemajuan bangsa dan negara.

Acara tersebut dimulai dengan buka puasa bersama yang kemudian dilanjutkan dengan ucapan sambutan tuan rumah yang disampaikan oleh Ilham A Habibie serta ceramah dan doa oleh ulama cendekiawan Quraish Shihab serta pemotongan tumpeng.

“Semoga bapak diberkahi dengan umur panjang, kesehatan dan kebahagiaan. Semoga diberikan umur panjang untuk terus bisa berkontribusi dan berupaya memberikan semangat inspirasi untuk kita semua di Indonesia. Aamin,” kata Ilham, putra Habibie yang juga bergerak dalam industri pesawat terbang.

Habibie menyerahkan sepiring tumpeng pada Djokowi.

Dalam doanya, ulama ahli tafsir Quraish Shihab mengatakan, semoga BJ Habibie diberikan kesehatan sehingga dapat melanjutkan  membimbing dan memberikan keteladanan untuk generasi muda.

“Keteladanan dalam bidang keagamaan dan budi pekerti, keteladanan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keteladanan dalam bidang karya dan bakti,” kata Qurais Shihab.

Ia menambahkan, keteladanan dalam pergaulan dan keteladanan dalam hal persahabatan dan cinta.

Presiden RI ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie hari ini, Sabtu 25 Juni 2016 genap berusia 80 tahun. Habibie tak hanya dikenal sebagai Presiden ketiga tapi juga pakar teknologi dirgantara dengan reputasi internasional.

Ia adalah juga pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Sehari sebelumnya diadakan peluncuran delapan buku berseri tentang Habibie dari berbagai topik. Seputar Idul Fitri mendatang juga akan diputar filmnya berjudul Rudi di bioskop-bioskop tanah air.

Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA Tuti Marini Puspowardojo. Ia menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Lalu pada 22 Mei 2010, Habibie harus merelakan kepergian istri tercinta ke Rahmatullah.

Selain dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden, dihadiri juga oleh beberapa tokoh nasional, seperti; Akbar Tanjung, Abu Rizal Bakrie, Fahri Hamzah, dan para pemain film Rudi Habibie. (L/P010/M09-P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)