Presiden Gambia Tolak Kekalahannya Dalam Pemilu, Rakyat Khawatir

Presiden (kiri) dan Presiden Gambia terpilih Adama Barrow (kanan). (Foto: Somaliland Sun)

 

Banjul, 10 Rabi’ul Awwal 1438/10 Desember 2016 (MINA) – Presiden Gambia Yahya Jammeh pada Jumat secara mengejutkan mengatakan bahwa ia menolak hasil pemilihan presiden pekan lalu yang mengalahkannya.

Penolakan yang disiarkan oleh televisi nasional itu membuat rakyat Gambia dihinggapi kekhawatiran, karena seiring itu, tentara terlihat menempatkan karung-karung pasir di lokasi strategis di seluruh ibu kota Banjul.

Kegelisahan warga terhadap kemungkinan terjadinya kerusuhan telah ada sejak sebelum pemilihan dimulai dengan terlihatnya warga membeli makanan dalam jumlah besar. Demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip MINA.

Sebelumnya pada pekan lalu, Jammeh telah mengakui kekalahannya secara terbuka. Kegembiraan liar terlihat dilakukan oleh pendukung oposisi sebagai tanda berakhirnya kekuasaan Jammeh yang sudah berlangsung 22 tahun.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia juga menuduh pemerintahan Jammeh menahan, menyiksa dan membunuh lawan politiknya.

Hasil pemilihan telah diumumkan dan dimenangkan oleh pemimpin oposisi Adama Barrow.

“Setelah penyelidikan menyeluruh, saya telah memutuskan untuk menolak hasil pemilu baru-baru ini. Saya menyayangkan adanya kejanggalan serius dan tidak dapat diterima, sebagaimana dilaporkan telah terjadi selama proses pemilihan,” kata Jammeh.

Pengumuman terbaru  itu melempar masa depan negara Afrika Barat tersebut ke dalam keraguan.

“Saya merekomendasikan pemilu baru dan transparan yang akan diresmikan oleh komisi pemilihan yang independen dan terpercaya,” kata Jammeh.

Pada angka resmi hasil dari pemungutan suara pemilihan presiden menunjukkan bahwa Barrow meraih 43,29 persen suara, sementara Jammeh 39,64 persen dengan jumlah pemilih hanya 59 persen dari seluruh rakyat Gambia. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.