Presiden Jokowi: Tokoh Agama Bagian Penting untuk Persatuan

, – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Forum Agama G20 () menyatakan, tokoh agama merupakan bagian penting dalam masyarakat untuk mempersatukan bangsa.

Jokowi menyebut, yang terdiri atas berbagai suku, bahasa, hingga agama. Indonesia dipersatukan oleh ideologi Pancasila dan toleransi persatuan Bhinneka Tunggal Ika, dan itu semua tidak lepas dari jasa dan perjuangan para tokoh agama.

“Bahkan keberadaan tokoh-tokoh agama yang berbeda juga menjadi bagian penting dalam mempersatukan Indonesia. Tokoh-tokoh agama yang berbeda telah menjadi bagian utama dari perjuangan kemerdekaan Indonesia yang diraih di tahun 1945,” kata Jokowi dalam sambutannya, Rabu (2/11).

Jokowi juga mengatakan, keberhasilan Indonesia dalam penanganan COVID-19 tidak luput dari peran tempat-tempat ibadah yang menjadi pusat literasi masyarakat.

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, Mahasiswa Unpad Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina

Acara R20 itu diselenggarakan di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali. Melalui video tapping, Jokowi membuka acara dengan mengucapkan selamat datang kepada delegasi yang hadir dari berbagai dunia.

“Selamat mengikuti konferensi R20. Semoga berhasil membangun kesepahaman dan kesepakatan serta menyepakati langkah-langkah konkret agar agama berkontribusi yang lebih besar terhadap peradaban dan untuk kemanusiaan serta demi dunia yang lebih membahagiakan untuk semua,” ucapnya. (R/P2/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.