Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Presiden Jokowi Tutup KTT Ke-43 ASEAN dan Serahkan Keketuaan ke Laos

sajadi - Kamis, 7 September 2023 - 18:23 WIB

Kamis, 7 September 2023 - 18:23 WIB

1 Views

Jakarta, MINA – Presiden RI Joko Widodo secara resmi menutup rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN ke-43 di Jakarta dan menyerahkan tongkat keketuaan ASEAN selanjutnya kepada Laos.

“Dan dengan demikian KTT ke-43 ASEAN dan KTT terkait lainnya secara resmi saya tutup,” ujar Jokowi dalam acara penutupan KTT ke-43 ASEAN yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (7/9) petang.

Selanjutnya, Jokowi mengundang Sonexay Siphandone, Perdana Menteri Lao PDR untuk meneruskan Keketuaan ASEAN di tahun 2024.

“And now we pass the baton to Laos,” ujarnya.

Baca Juga: Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Tinggi Abu Capai 300 Meter

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyebut, selama tiga hari, 12 pertemuan KTT telah diselenggarakan dengan menghasilkan 90 outcome documents dan sejumlah kesepakatan-kesepakatan konkret dengan mitra.

“Selama pertemuan saya menangkap optimisme dan energi yang positif
dari seluruh yang hadir. Jujur saya katakan, ini menguatkan harapan,” ujarnya.

Namun ia mengatakan, pekerjaan besar ASEAN tidak mungkin selesai dalam satu keketuaan saja dan akan terus hadapi beragam dinamika serta kompleksitas tantangan global.

“Untuk itu kita harus bahu=membahu menavigasi tantangan menjadi peluang, menavigasi rivalitas menjadi kolaborasi, menavigasi ekslusivitas menjadi inklusivitas, dan menavigasi perbedaan menjadi persatuan,” tegas Jokowi.

Baca Juga: Erick Tohir Ancam Sanksi Berat Pengatur Skor di PON Aceh-Sumut

Rangkaian KTT ke-43 ASEAN diselenggarakan di Jakarta pada 5-7 September 2023, di bawah keketuaan Indonesia yang mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

KTT kali ini dihadiri oleh 22 negara, yakni, sebelas anggota ASEAN dan sembilan negara mitra, seperti Amerika Serikat, China, Kanada, Australia, Jepang, Republik Korea serta lainnya

Selain itu, ASEAN juga mengundang kepala lembaga internasional seperti PBB, IMF, Bank Dunia dan lainnya . (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Libur Panjang, Jalur Puncak Macet Parah

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Asia
Indonesia
Palestina
Indonesia