Presiden Tunisia Serukan Penyelamatan Rakyat Palestina dari Pemusnahan

Tunis, MINA – Presiden Tunisia Kais Saied menyerukan kepada dunia untuk mengakhiri upaya berturut-turut memusnahkan rakyat Palestina yang dilakukan Israel.

“Saya merasa aneh bahwa dunia menerima, hari ini, agresi selama beberapa dekade ini, karena semua masyarakat harus mengambil tindakan sebelum negara-negara mengakhiri upaya berturut-turut ini untuk memusnahkan rakyat Palestina, yang memilih legitimasi yang cacat. Namun, legitimasi ini telah diinjak-injak,” ujarnya.

Ia berbicara pada pidato peringatan empat tahun terbunuhnya anggota keamanan presiden, menyusul serangan teroris yang menargetkan bus militer yang mengangkut mereka, MEMO melaporkan pada Selasa (26/11).

Saied memenangkan pemilihan presiden Tunisia dengan suara mayoritas pada awal November.

Pada pidato kemenangannya dengan meraih 72,53% suara ia menegaskan dukungannya pada kemerdekaan Palestina yang dinyatakannya merupakan agenda pertamanya dalam masalah luar negeri.

Baca Juga:  Haniyeh: Raeisi Katakan Palestina Masalah Pertama Umat Islam

Ia juga menegasakan, normalisasi dengan penjajah Israel merupakan sebuah pengkhianatan, sikap ini ditegaskannya saat debat bersejarah dengan rivalnya, Nabil al-Qarawi dua hari menjelang pemilu presiden. (T/Ast/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ali Farkhan Tsani