Program Beasiswa Jadikan Turki Pusat Pendidikan Tinggi Dunia

Ankara, MINA – Kepala Kepresidenan untuk Masyarakat Turki di Luar Negeri dan Masyarakat Terkait (YTB) mengatakan, program beasiswa yang ditawarkan kepada siswa internasional membuat negara Turki menjadi global untuk di dunia.

“Program Beasiswa Turkiye yang didanai negara akan mengubah Turki menjadi rumah kedua bagi siswa dari seluruh dunia,” kata Eren dalam sebuah acara di markas besar PBB di New York, pada Rabu (13/2), demikian dilansir dari Anadolu Agency.

Menurutnya, program beasiswa ini memberikan dukungan keuangan dan pendidikan universitas untuk siswa di bidang yang dituju.

“Selain dari pendidikan universitas, ini bertujuan untuk memberikan siswa dengan manfaat dari program dan kegiatan ekstrakurikuler sosial, budaya dan akademik saat mereka berada di Turki,” katanya.

Ia menjelaskan, Beasiswa Turkiye menawarkan kesempatan bagi siswa internasional untuk belajar di tingkat sarjana, magister dan doktoral di universitas paling bergengsi di Turki.

Ia melanjutkan, siswa yang telah menyelesaikan pendidikan tinggi mereka di Turki, akan menjadi duta negara Turki yang sukarela membangun jembatan persahabatan dengan negara mereka.

“Untuk mempertahankan hubungan ini, jaringan Alumni Turki telah dibentuk dengan lebih dari 150.000 anggota dengan sekitar 30 Asosiasi Alumni Turki terdaftar di lebih dari 20 negara,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Turki menampung sekitar 150.000 siswa internasional, dan lebih dari 17.000 dari mereka adalah siswa beasiswa.

“Kami bertujuan untuk menampung 200.000 siswa internasional pada tahun 2023,” tambahnya. (T/R10)/P1

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.