Program Donasi Beasiswa Pasca Pandemi Tahap Kedua

Jakarta, MINA – Setelah sukses meluncurkan kerjasama bulan Mei lalu, Badan Amil Zakat Nasional () bersama Indonesia Scholarship Center () dan Surya Edukasi Bangsa Foundation (SEBAF), kembali menjalin kerjasama melaksanakan Program Donasi Beasiswa Pasca Pandemi untuk tahap kedua.

Program tersebut, dimulai dengan konferensi pers yang digelar secara daring. Hadir dalam acara tersebut Ketua BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, Kepala Divisi Pendistribusian BAZNAS, Ahmad Fikri, Executive Director ISC Didin Nuruddin Hidayat, pengurus dari SEBAF, Herfindo Satria Gading, serta tamu undangan yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube BAZNAS TV, demikian keterangan tertulis diterima MINA, Jumat (25/9).

Ketua BAZNAS  menyambut positif lanjutan kerjasama tersebut. Menurutnya, dengan lanjutan program beasiswa ini, tentunya akan lebih banyak lagi anak bangsa yang terdampak ekonominya karena pandemi, dapat terbantu untuk melanjutkan pendidikan.

Prof. Bambang berharap, kerjasama yang terjalin ini juga menjadi pemacu lembaga zakat dan perusahaan lainnya untuk turut serta membantu pendidikan anak bangsa yang terdampak pandemi.

“Semoga semakin banyak masyarakat yang turut membantu dan peduli sehingga keberlangsungan masa depan anak bangsa yang terdampak pandemi ini dapat difasilitasi dengan baik melalui kerjasama ini,” kata Bambang.

Sementara itu, Executive Director ISC, Didin Nuruddin Hidayat mengatakan, ISC mengajak semua pihak baik korporasi, pengusaha, media, dan masyarakat peduli pendidikan, untuk turut terlibat dalam program yang sangat positif ini di situasi .

“Ayo saatnya sekarang kita bantu, agar lebih banyak lagi anak Indonesia selamat dari dampak pandemi Covid-19, apa yang kita miliki saat ini, tidak akan ada artinya jika hanya untuk diri kita sendiri, kita harus berbagi, karena perubahan tidak bisa berjalan sendirian. Mari kita rawat pendidikan anak-anak di Indonesia, khususnya di masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Pengurus dari SEBAF, Herfindo Satria Gading menyampaikan, beasiswa Pasca Pandemi diluncurkan pertama di bulan Mei tahun ini, dengan latar belakang keresahan yang ada.

SEBAF melihat pandemi yang terjadi, telah membawa dampak yang luar biasa diberbagai sektor usaha. Begitu banyak PHK terjadi, banyak orang tua yang kehilangan pekerjaannya. Melihat fenomena ini, kami khawatir angka putus sekolah di Indonesia juga akan meningkat.

“Oleh sebab itu, SEBAF bersama BAZNAS dan ISC bersatu mengusung program Beasiswa Pasca Pandemi ini untuk membantu anak Indonesia, sehingga dapat menekan angka putus sekolah agar tidak terus naik,” kata Herfindo.

Donasi Beasiswa Pasca Pandemi merupakan, sebuah program kolaborasi penggalangan dana terbuka yang ditujukan untuk pendidikan anak negeri yang terdampak pandemi Covid-19.

Pada tahap pertama telah diberikan beasiswa kepada lima belas siswa dan mahasiswa di kawasan Jabodetabek, bagi orang tuanya terdampak pandemi Covid-19.

Program Donasi Beasiswa Pasca Pandemi kedua akan dibuka pendaftarannya awal Oktober, dengan ketentuan penerima manfaat akan diprioritaskan berdomisili di daerah Jabodetabek dengan syarat anak dari tenaga medis yang meninggal dunia karena Covid-19, anak dari orang tua kurang mampu yang meninggal dunia karena Covid-19, anak dari orang tua yang terdampak ekonominya karena pandemi Covid-19, seperti anak guru honorer, tukang ojek atau ojek online, tukang becak, tukang parkir, serta pekerjaan buruh harian lainnya.

Mereka yang berhak mendapatkan beasiswa ini ialah siswa kelas IX SMP yang akan melanjutkan SMA/SMK sederajat. Selain itu, siswa kelas XII SMA/SMK sederajat, yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi dan mahasiswa aktif Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Swasta (PTS) dengan IPK Minimal 3.00.

Sementara itu masyarakat yang ingin memberikan donasi bisa langsung melakukan transfer ke BAZNAS melalui rekening Bank BNI Syariah dengan nomor rekening 891-301-900-30200-19 atau Bank Permata Syariah di nomor rekening 552-055-99-41 atas nama BAZNAS.

Donasi juga bisa disalurkan melalui rekening Bank BCA: 5520-5599-41 atas nama Yayasan Pendidikan Beasiswa Indonesia/ Indonesia Scholarship CenterBAZNAS, ISC dan SEBAF Kembali Jalin Kerjasama Program Donasi Beasiswa. (R/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.