Program-program Utama UNRWA Terancam Terhenti

Tepi Barat, MINA – Badan PBB untuk pengungsi Palestina () dan lembaga-lembaga di bawahnyah memperingatkan, program-program utama di Jalur Gaza dan Tepi Barat terancam terhenti selama beberapa pekan mendatang, jika pembekuan pendanaan oleh Amerika Serikat (AS) tidak dapat diatasi.

Seorang sumber yang akrab dengan rencana penghentian tersebut menggambarkan,  yang diperkirakan akan terpengaruh dari kurangnya dana, di antaranya program pekerjaan, bantuan perumahan dan dukungan kesehatan mental.

Sumber yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan, sebagian besar pemangkasan diperkirakan terjadi di Tepi Barat. Beberapa program akan kehabisan dana pada akhir Juli, demikian Times of Israel melaporkan.

Surat yang dikirim ke pejabat UNRWA menyebutkan bahwa program yang akan dicoba untuk dipertahankan adalah bantuan pangan, terutama untuk Jalur Gaza yang miskin.

Tetapi sumber mengatakan, program penting itu juga bisa menghadapi pengurangan dalam beberapa bulan mendatang, jika pembiayaan tambahan tidak didapat.

Sementara itu, Kepala UNRWA Pierre Krahenbuhl mengatakan dalam suratnya kepada staf bahwa dia telah meminta donor yang sudah berjanji untuk membantu lebih jauh, sehingga badan itu dapat “mengatasi sisa kekurangan” yang saat ini mencapai US$ 217 juta. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.