Program UII Bumi Lestari, Wujud Komitmen Rawat Bumi

Yogyakarta, MINA – Universitas Islam Indonesia (UII) meluncurkan program UII Bumi Lestari sebagai bentuk komitmen universitas tersebut dalam upaya memelihara bumi dan melestarikannya.

Rektor UII, Prof Fathul Wahid menekankan, Gerakan UII Bumi Lestari jadi ikhtiar berkelanjutan kampus tertua Indonesia. Eksistensi merespon isu global, krisis energi, perubahan iklim dan lain-lain wujud komitmen yang digelorakan UII.

Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan dan Rumah Gagasan UII, Dr Ilya Fadjar Maharika mengatakan, memelihara bumi dan melestarikannya sudah sepatutnya menjadi tanggung jawab sebagai khalifah di muka bumi. Demikian rilis resmi UII seperti diterima MINA, Ahad (2/1).

Program UII Bumi Lestari berupa kegiatan penanaman pohon tidak hanya di sekitar kampus, namun juga di seluruh wilayah Indonesia. UII turut menggandeng Ikatan Keluarga Alumni (IKA) untuk turut menanam pohon di wilayah kerja masing-masing.

UII dikenal sebagai kampus dengan slogan Islam rahmatan lil alamin yang selaras aktivitas cinta lingkungan. Maka itu, upaya-upaya memperbanyak ruang terbuka hijau dengan menanam pohon di dalam dan luar kampus perlu terus ditingkatkan.

Ilya Fadjar menargetkan, sebanyak 847 pohon besar dan kecil dan 968 pucuk tanaman lain bisa ditanam. Sehingga, akumulasi yang ada didapatkan kurang lebih 1.772 pucuk tanaman baik itu yang sudah tertanam ataupun yang masih dalam proses penanaman.

Sementara itu, Sekjen , Dr Ari Yusuf Amir menuturkan, langkah yang ditempuh civitas akademika UII sebagai langkah yang tepat. Sebab, ia sadar, sangat penting bagi umat manusia untuk selalu menjaga alam semesta dari bencana.

IKA UII dari regional Jawa Tengah sendiri menjadi yang paling dominan dalam sumbangsih penanaman yang mampu mencapai 807 bibit pohon. (R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.