Putin Bertemu Assad di Sochi

Presiden Suriah bertemu Presiden Rusia di Sochi, Senin, 20 November 2017. (Mikhail Klimentyev, Kremlin Pool Photo via AP)

Moskow, MINA – Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan rekannya Presiden Syuriah Bashar Al-Assad di Sochi, menjelang pembicaraan hari Rabu (22/11) dengan Iran dan Turki.

Kremlin mengatakan bahwa pertemuan hari Senin (20/11) di resor Sochi, Laut Hitam, terjadi dalam rangka kunjungan kerja Assad ke Rusia. Demikian Nahar Net memberitakannya yang dikutip MINA.

“Kami berminat untuk memajukan proses politik, kami tidak ingin melihat ke belakang dan kami siap berdialog dengan semua pihak yang ingin menghasilkan penyelesaian politik,” kata Assad dalam komentar yang diterjemahkan.

Pada gilirannya Putin mengatakan, dia akan berkonsultasi dengan para pemimpin dunia, termasuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam pembicaraannya dengan Assad.

Kremlin mengungkapkan, perundingan telepon Putin dengan Trump dijadwalkan pada hari Selasa.

Pada hari Rabu, Presiden Rusia, Turki dan Iran akan bertemu di Sochi untuk membawa perdamaian di Suriah. Saat ini, pasukan pemerintah Suriah mengungguli oposisi dan kelompok Islamic State (ISIS).

Putin akan menjadi tuan rumah bagi Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Hassan Rouhani di Sochi menjelang perundingan paralel PBB di Jenewa yang ditetapkan pada 28 November.

Pertemuan di Scohi adalah pertemuan puncak pertama antara trio tersebut, karena Ankara, Moskow dan Teheran bekerja sama untuk mengakhiri perang saudara selama enam tahun di Suriah. (T/RI-1/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.