Putin Bertemu Menteri Luar Negeri Korea Utara

Presiden Rusia Vladimir Putin menjamu Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son-hui di Kremlin, Selasa, 16 Januari 2024. (Foto: TASS)

Moskow, MINA – Presiden Rusia menjamu Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son-hui di Kremlin, menyusul pembicaraan antara diplomat utama negara-negara tersebut mengenai peningkatan hubungan dan kerja sama bilateral pada Selasa pagi (16/1).

Selama pertemuan mereka, para diplomat terkemuka Korea Utara dan Rusia memberi tahu Putin tentang hasil diskusi mereka, yang didasarkan pada “kesepakatan yang dicapai oleh para kepala negara di Timur Jauh baru-baru ini,” kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada media pada hari Selasa.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi Rusia selama hampir sepekan pada bulan September lalu, melakukan perjalanan ke Timur Jauh negara itu dengan kereta api. Dia bertemu dengan Presiden Putin, Menteri Pertahanan Sergey Shoigu dan pejabat lainnya.

Baca Juga:  Universitas Brown Setujui Voting Tuntutan Mahasiswa Pro-Palestina

Selama kunjungannya, Kim memeriksa Kosmodrom Vostochny, meninjau pabrik penerbangan militer dan sipil, dan diperlihatkan pesawat berkemampuan nuklir dan rudal hipersonik Rusia.

Pembicaraan pekan ini membahas kerja sama antara Rusia dan Korea Utara di bidang budaya, perdagangan, ilmu pengetahuan dan lainnya, menurut Lavrov. Menteri Rusia itu juga menyatakan bahwa Moskow akan terus memperjuangkan perdamaian dan stabilitas abadi di Asia Timur Laut.

Lavrov menyatakan bahwa “politik AS dan negara-negara satelit regionalnya yang menciptakan ancaman terhadap keamanan Korea Utara tidak memberikan kontribusi terhadap kemajuan ke arah yang positif. Kami akan terus menyerukan penghentian segala langkah yang mengarah pada peningkatan ketegangan.”

Kunjungan Choe ke Rusia terjadi di tengah meningkatnya ketegangan politik di Semenanjung Korea dalam beberapa pekan terakhir, menyusul latihan militer gabungan yang dilakukan oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat. Korea Utara mengecam latihan tersebut sebagai ancaman terhadap keamanan nasionalnya. (T/RI-1/P2)

Baca Juga:  Houthi Klaim Serang 107 Kapal Sejak November

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.