Putra Mahkota Saudi Kunjungi Mesir Tiga Hari

Raja Salman dan putranya Mohammed. (Foto: AP)

Kairo, MINA – Kantor Kepresidenan mengumumkan bahwa Presiden Abdel Fattah Al-Sisi akan bertemu dengan Mohammed bin Salman dalam kunjungannya ke Kairo Ahad (4/3).

Pernyataan Jumat (2/3) mengatakan, Pangeran akan melakukan kunjungan tiga hari di negara tersebut, demikian The New Arab melaporkan.

Arab Saudi telah mendukung Sisi dengan dukungan finansial yang besar sejak penggulingan militer 2013 yang melengserkan Presiden Muhammad Mursi.

Diperkirakan Riyadh telah memberi Kairo dana hibah dan pinjaman lunak sebesar miliaran dolar, di samping pengiriman bahan bakar gratis senilai puluhan juta dolar.

Arab Saudi dapat dilihat memberikan pengaruh yang cukup besar di Mesir yang saat ini mengalami kesengsaraan ekonomi, pemberontakan ISIS dan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat politik.

Mesir adalah anggota koalisi pimpinan Saudi yang memerangi pemberontak di Yaman sejak tahun 2015.

Mesir juga mengambil bagian dalam blokade yang dipimpin Saudi terhadap Qatar yang diberlakukan sejak bulan Juli 2017.

Tahun lalu, Sisi meratifikasi serah terima dua pulau strategis Laut Merah ke Arab Saudi, yang memicu unjuk rasa langka di Mesir.

Saudi juga berencana membangun jembatan yang membentang di Laut Merah untuk menghubungkan kedua negara, sebagai bagian dari kesepakatan investasi senilai 1,7 miliar dolar antara Riyadh dan Kairo. (T/RI-1/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.