Qatar Bersiap Jadi Pusat Halal Global

(QCCI).

 

Doha, 12 Rabi’ul Akhir 1438/ 11 Januari 2017 (MINA) – Qatar sedang menyiapkan diri sebagai Pusat Halal Global seiring dengan meningkatnya perdagangan produk halal termasuk pada negara-negara bukan muslim.

Kamar Dagang dan Industri Qatar (QCCI) adalah salah satu kamar perdagangan tertua di negara-negara Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dan kini Kamar Dagang dan Industri Qatar sedang menyelesaikan standar dan prosedur produk halal yang akan berlaku di seluruh dunia.

Wakil Ketua QCCI Muhammad bin Ahmed bin Towar kepada Qatar Tribun. Qatar dipilih oleh Dewan Kamar Dagang Islam, Perdagangan, Industri, dan Pertanian (ICCIA) sebagai pusat standarisasi produk halal dan mempopulerkan konsep dan budaya perdagangan halal. Demikian IINA yang dikutip MINA, Rabu.

Menurut Towar, QCCI dipilih karena  lokasi geografis yang khas serta infrastruktur dan logistik yang dimilikinya.

“Volume perdagangan produk halal di dunia saat ini berjumlah hampir AS $ 2 triliun termasuk AS $ 700 miliar di pasar Islam, sehingga makin dirasakan perlunya  pembentukan pusat global dalam mengeluarkan sertifikasi halal,” katanya.

Dia menambahkan, pembentukan badan pengawas global halal yang terpadu akan menarik lebih banyak ionvestasi dan memperkuat upaya untuk promosi pertukaran perdagangan antara negara-negara Muslim.

Setelah didirikan pada tahun 1963 berdasarkan UU No (4) dari tahun 1963 tanggal 16 Februari 1963, itu digunakan untuk beroperasi dalam struktur lembaga pemerintah sampai diundangkannya undang-undang no. (11) Dari tahun 1990 yang diberdayakan Kamar untuk beroperasi secara independen. Ini memungkinkan Qatar Chamber untuk latihan berbagai kegiatan yang sepadan dengan perkembangan nasional, regional dan internasional dan melayani kepentingan komersial, industri dan pertanian peserta di sektor swasta.

Meskipun diundangkannya undang-undang no (11) dari tahun 1990, Anggota QCCI Dewan masih ditunjuk oleh Pemerintah melalui Keputusan Emiri. Anggota Dewan akan, dalam pertemuan pertama mereka, pilih Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris Treasury. Masa jabatan Dewan adalah Lima tahun. Pada tanggal 8 Juli 1996 Qatar menyaksikan, dalam pengalaman demokratis pertama, pengundangan undang-undang no (11) dari tahun 1996, yang telah diubah beberapa ketentuan hukum tidak ada (11) dari tahun 1990, pasal (13) khususnya, bahwa Anggota Dewan harus dipilih langsung oleh Majelis Umum QCCI yang mewakili berbagai sektor ekonomi di Qatar.

Menteri Keuangan, Ekonomi dan Perdagangan (saat ini Menteri Bisnis dan Perdagangan) menetapkan perwakilan proporsional dari sektor-sektor ini setelah berkonsultasi dengan Menteri yang bersangkutan. Istilah Dewan kantor adalah empat, bukan lima tahun. Ketentuan internal QCCI akan menentukan bagaimana pemilihan harus diadakan. (T/anj/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)