Qatar Kirimkan Tiga Pesawat Bantuan Tambahan ke Turkiye-Suriah

(Foto: Arife K/Anadolu Agency)

Doha, MINA – Pemerintah telah mengirim tiga pesawat bantuan tambahan ke dan untuk membantu para penyintas gempa bumi dahsyat yang terjadi di kedua negara tersebut, kata para pejabat pada Senin (20/2).

“Untuk meringankan penderitaan para korban gempa bumi, Angkatan Udara Emir Qatar mengalokasikan tambahan tiga pesawat C-17 untuk membawa 90 toilet dan 25 generator,” kata Kedutaan Besar Turki di Doha dalam pernyataan resminya seperti dikutip Anadolu.

“Kami tidak akan pernah melupakan solidaritas Qatar di masa-masa sulit ini,” tambahnya.

Selain itu, bantuan kemanusiaan termasuk perlengkapan darurat seperti kantong tidur dan tenda musim dingin, yang disumbangkan oleh Qatar Charity, juga dikirimkan ke Turkiye untuk diserahkan kepada para penyintas.

Baca Juga:  Ismail Haniya: Tidak Ada Satu pun Rumah Di Gaza Kecuali Ada Syuhadanya

Qatar telah mengirimkan bantuan ke Turkiye dan Suriah melalui koridor udara yang dibuat oleh Turkiye sejak gempa bumi melanda kedua negara tersebut pada 6 Februari.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar, Majed Al-Ansari mengatakan pada Jumat (17/2), sumbangan Qatar yang dikumpulkan untuk Turkiye dan Suriah telah mencapai sekitar 253 juta riyal Qatar ($70 juta).

Qatar juga mengirim tim pencarian dan penyelamatan ke Turkiye serta mengirimkan bantuan dari negara lain.

Gempa berkekuatan 7,7 dan 7,6 skala Richter berpusat di provinsi Kahramanmaras Turkiye selatan pada 6 Februari, dan melanda 10 provinsi lainnya; Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Hatay, Gaziantep, Malatya, Kilis, Osmaniye, Elazig dan Sanliurfa.

Diperkirakan lebih dari 13 juta orang terkena dampak gempa dahsyat tersebut. Akibat gempa dahsyat itu juga menyebabkan kerusakan luas di Suriah.

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

Turkiye mengeluarkan peringatan darurat tingkat 4, dan meminta bantuan internasional. (T/R6/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.