Raja Maroko Serukan Solidaritas Regional

 

Rabat, MINA – Raja Maroko Mohammed VI menyerukan aksi solidaritas kolektif regional, dalam sambutannya pada pertemuan tahunan Islamic Development Bank (IsDB) di Marrakech, Jumat, 5 April.

Pesan Mohammed VI menjelaskan, negara-negara anggota IsDB menghadapi banyak tantangan dan harus berkolaborasi untuk mengatasinya. Morocco News melaporkan.

“Tujuannya adalah untuk melayani bangsa kita semua dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan kemajuan sosial bersama,” ujarnya.

Menurutnya, kemajuan dan perkembangan suatu bangsa tidak dapat dibayangkan tanpa kemajuan negara-negara saudara dalam satu regional.

Setiap tahun, pertemuan tahunan IsDB mengumpulkan politisi, spesialis pembangunan, dan staf bank untuk membahas masalah perkembangan terbaru.

Tema tahun ini “Transformasi dalam dunia yang terus berubah” adalah referensi IsDB untuk strategi pembangunan baru yang bersinggungan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB.

Baca Juga:  Ini 7 Alasan Israel Ingin Serang dan Kuasai Rafah

IsDB berbasis di Arab Saudi dan memiliki 57 negara anggota, bekerja dengan komunitas Muslim di seluruh dunia.

Pada 3 April, mereka mengumumkan akan menciptakan Dana Filantropi Muslim Global untuk Anak-anak bekerja sama dengan UNICEF.

Pertemuan 2019 di Marrakech memperkuat status Maroko sebagai salah satu mitra terkuat dalam perbankan.

Tahun lalu, bank meluncurkan dana jutaan dolar di Rabat untuk pengembangan sains dan teknologi, dan sejak itu berjanji untuk meningkatkan bantuan keuangannya kepada pemerintah selama tiga tahun ke depan.

Sementara IsDB telah melakukan banyak hal untuk mempromosikan solidaritas dan pembangunan di dunia Islam. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)