Relawan-Relawan RZ Bantu Korban Banjir

Jakarta, MINA – Hingga hari ke dua pada Jumat (3/1), 30 Relawan Action masih di beberapa di Jabodetabek.

Data terakhir dari BNPB Kamis (2/1) Banjir di Jabodetabek mencapai 152 titik, titik banjir ini meliputi 63 titik banjir di jakarta, 13 titik di Kab. Lebak, 12 titik banjir di Kab. Bogor, 9 titik banjir di Tangerang, 28 Titik banjir di kota Bekasi, 27 titik banjir di Kab. Bekasi

“Yang paling utama saat ini kita lakukan adalah evakuasi warga yang masih terjebak di dalam rumah,” ujar Andri Murdianto koordinator lapangan aksi peduli banjir Jabodetabek, demikian rilis Rumah Zakat yang diterima MINA.

Andri menjelaskan, beberapa aksi evakuasi yang dilakukan oleh Tim Rumah Zakat Action adalah di Perumahan Pondok Arum Kota Tangerang, Perumahan Kartini Bekasi, Wilayah Jatiasih Kota Bekasi, Bojong Kulur Bogor.

“Selain itu untuk membantu proses evakuasi Ambulans dan perahu karet disiagakan,” tambahnya.

Sementara itu, logistik berupa makanan, obat-obatan dan superqurban sudah di distribusikan.

“Qurban untuk kesiagaan pangan di lokasi banjir, kami juga telah siapkan 1.000 paket siaga pangan berupa superqurban, food truck juga akan mulai beroperasi besok,” sambungnya.

Ia mengatakan, kondisi terkini dari lapangan masih banyak rumah warga terendam di beberapa daerah, akses masih sulit dilalui dan perlu menggunakan perahu untuk evakuasi.

Sementara itu kebutuhan mendesak saat ini adalah perahu karet, tenda darurat, makanan siap saji, selimut, pakaian dewasa & anak anak, paramedis, dan obat-obatan. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.